Analisis Kesalahan Membaca Diftong dan Klaster pada Siswa SDN Kelas 2 SDN 1 Tahoa

Authors

  • Nurul Haeniah Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Syarifuddin Tundreng Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nanda Saputra Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa membaca permulaan dalam membaca kata yang berpola atau berkomposisi diftong dan klaster. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi bahan revisi dan petunjuk guru untuk membetulkan bacaan siswa yang masih kurang tepat atau salah. Subjek penelitian ini terdiri dari 8 siswa pilihan kelas 2 SD Negeri 1 Tahoa. Metode penelitan yang di gunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menyimak suara subjek penelitian saat membaca lalu membandingkan dengan bunyi/lafal diftong dan klaster yang lazim. Bentuk kesalahan membaca diftong seperti, 1) Membaca setengah bunyi atau tidak membaca satu fonem pada diftong, 2) Mengubah diftong menjadi bunyi monoftong; vokal lain, dan 3) Membalikkan urutan bunyi diftong. Bentuk kesalahan membaca klaster seperti, 1) Menyelipkan bunyi vokal (i, e, dan a), 2) Membaca satu persatu fonem konsonan klaster, dan 3) Tidak membaca salah satu fonem klaster.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syarifuddin Tundreng, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sembilanbelas November

References

Alkhasanah, N., Isnaini, Y. F., Muhtadin, L., Ningsih, P. O., Fatoni, A., & Minsih. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD. Aijes, 44-55.

Alwi, H., dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Dalam H. Alwi, S. dardjowidjojo, H. Lapoliwa, & A. M. Moeliono, Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (hal. 52 dan 53). Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, A. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Dalam A. Chaer, Fonologi Bahasa Indonesia (hal. 34 dan 57). Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Dalam A. Chaer, Linguistik Umum (hal. 155). Jakarta: Rineka Cipta.

Ginting, M. B. (2020). Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Rendah. Dalam M. B. Ginting, Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Rendah (hal. 11). Jawa Tengah: Lakeisha.

Hanisah, S. (2022). Studi Tentang Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Kiprah Pendidikan, 325-333.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3296-3307.

Kridalaksana, H. (2009). Kamus Linguistik. Dalam H. Kridalaksana, Kamus Linguistik (hal. 49 dan 79). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Marat, S. (2011). Psikolinguistik. Dalam S. Marat, Psikolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Mastoah, I. (2016). Keterampilan Membaca. Primary, 175-184.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Dalam Muammar, Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabit.

Muktiono, J. D. (2003). Aku Cinta Buku. Dalam J. D. Muktiono, Aku Cinta Buku (hal. 66). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mulyati, Y., & Cahyani, I. (2021). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Dalam Y. Mulyati, & I. Cahyani, Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Banten: Universitas Terbuka.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan. Sekolah Dasar, 69-76.

Pratiwi, S. (2022). Daftar Lambang Transkripsi Fonetik. Dipetik Juni 21, 2023, dari Studocu: https:www.studocu.com/id/document/universitas-jenderal-soedirman/pendidikan-bahasa-dan-sastra-indonesia-akreditasi-b/daftar-lambang-transkripsi-fonetis/46118281

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan. Qalamuna, 397-410.

Rohman, Y. A., Rahman, & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Baicude, 5388-5396.

Saleh, M., & Mahmudah. (2006). Sosiolinguistik. Dalam M. Saleh, & Mahmudah, Sosiolinguistik (hal. 64). Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca. Dalam E. Susanti, Keterampilan Membaca. Bogor: Penerbit In Media.

Syaidah, N. (2018). Metedologi Penelitian. Dalam N. Syaidah, Metedologi Penelitian (hal. 14). Zifatama Jaw.

Verhaar, J. (2016). Asas-Asas Linguistik. Dalam J. Verhaar, Asas-Asas Linguistik (hal. 39 dan 46). Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.

Yuliana, R. (2007). Pembelajaran Membaca Permulaan Dalam Tinjauan Teori Artikulasi Penyerta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA , 343-350.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Haeniah, N., Tundreng, S., & Saputra, N. (2023). Analisis Kesalahan Membaca Diftong dan Klaster pada Siswa SDN Kelas 2 SDN 1 Tahoa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2). Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/6726