Analisis Kesalahan Membaca Diftong dan Klaster pada Siswa SDN Kelas 2 SDN 1 Tahoa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa membaca permulaan dalam membaca kata yang berpola atau berkomposisi diftong dan klaster. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi bahan revisi dan petunjuk guru untuk membetulkan bacaan siswa yang masih kurang tepat atau salah. Subjek penelitian ini terdiri dari 8 siswa pilihan kelas 2 SD Negeri 1 Tahoa. Metode penelitan yang di gunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menyimak suara subjek penelitian saat membaca lalu membandingkan dengan bunyi/lafal diftong dan klaster yang lazim. Bentuk kesalahan membaca diftong seperti, 1) Membaca setengah bunyi atau tidak membaca satu fonem pada diftong, 2) Mengubah diftong menjadi bunyi monoftong; vokal lain, dan 3) Membalikkan urutan bunyi diftong. Bentuk kesalahan membaca klaster seperti, 1) Menyelipkan bunyi vokal (i, e, dan a), 2) Membaca satu persatu fonem konsonan klaster, dan 3) Tidak membaca salah satu fonem klaster.
Downloads
References
Alkhasanah, N., Isnaini, Y. F., Muhtadin, L., Ningsih, P. O., Fatoni, A., & Minsih. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD. Aijes, 44-55.
Alwi, H., dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Dalam H. Alwi, S. dardjowidjojo, H. Lapoliwa, & A. M. Moeliono, Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (hal. 52 dan 53). Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.
Chaer, A. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Dalam A. Chaer, Fonologi Bahasa Indonesia (hal. 34 dan 57). Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Dalam A. Chaer, Linguistik Umum (hal. 155). Jakarta: Rineka Cipta.
Ginting, M. B. (2020). Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Rendah. Dalam M. B. Ginting, Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Rendah (hal. 11). Jawa Tengah: Lakeisha.
Hanisah, S. (2022). Studi Tentang Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Kiprah Pendidikan, 325-333.
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3296-3307.
Kridalaksana, H. (2009). Kamus Linguistik. Dalam H. Kridalaksana, Kamus Linguistik (hal. 49 dan 79). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Marat, S. (2011). Psikolinguistik. Dalam S. Marat, Psikolinguistik. Bandung: Refika Aditama.
Mastoah, I. (2016). Keterampilan Membaca. Primary, 175-184.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Dalam Muammar, Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabit.
Muktiono, J. D. (2003). Aku Cinta Buku. Dalam J. D. Muktiono, Aku Cinta Buku (hal. 66). Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mulyati, Y., & Cahyani, I. (2021). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Dalam Y. Mulyati, & I. Cahyani, Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Banten: Universitas Terbuka.
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan. Sekolah Dasar, 69-76.
Pratiwi, S. (2022). Daftar Lambang Transkripsi Fonetik. Dipetik Juni 21, 2023, dari Studocu: https:www.studocu.com/id/document/universitas-jenderal-soedirman/pendidikan-bahasa-dan-sastra-indonesia-akreditasi-b/daftar-lambang-transkripsi-fonetis/46118281
Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan. Qalamuna, 397-410.
Rohman, Y. A., Rahman, & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Baicude, 5388-5396.
Saleh, M., & Mahmudah. (2006). Sosiolinguistik. Dalam M. Saleh, & Mahmudah, Sosiolinguistik (hal. 64). Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca. Dalam E. Susanti, Keterampilan Membaca. Bogor: Penerbit In Media.
Syaidah, N. (2018). Metedologi Penelitian. Dalam N. Syaidah, Metedologi Penelitian (hal. 14). Zifatama Jaw.
Verhaar, J. (2016). Asas-Asas Linguistik. Dalam J. Verhaar, Asas-Asas Linguistik (hal. 39 dan 46). Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.
Yuliana, R. (2007). Pembelajaran Membaca Permulaan Dalam Tinjauan Teori Artikulasi Penyerta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA , 343-350.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.