Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pontianak dalam Pembelajaran Teks Deskripsi

Authors

  • Mery Sofyana Universitas Tanjungpura
  • Martono Martono Universitas Tanjungpura
  • Nanang Heryana Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v13i1.7223

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII pada struktur teks deskripsi. Metode deskriptif dengan bentuk kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pontianak sebagai subjek penelitian dan lembar kerja siswa sebagai objeknya. Menggunakan teknik langsung, yaitu teknik tes soal, kuesioner/angket, wawancara, catat, dan dokumentasi. Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII terhadap struktur identifikasi diperoleh 1 siswa dengan persentase 2%, 8 siswa dengan persentase 16%, 21 siswa dengan persentase 42%, 16 siswa dengan persentase 32%, dan 4 siswa dengan persentase 8%. Terhadap struktur deskripsi bagian diperoleh 1 siswa dengan persentase 2%, 5 siswa dengan persentase 10%, 20 siswa dengan persentase 40%, 24 siswa dengan persentase 48%. Struktur simpulan diperoleh 1 siswa dengan persentase 2%, 17 siswa dengan persentase 34%, 16 siswa dengan persentase 32%, 16 siswa dengan persentase 32%. Hipotesis penelitian ini adalah chi hitung lebih besar dari chi tabel yaitu 34,7 > 16,9. Artinya hipotesis nol (Ho) penelitian tersebut ditolak, yang mengatakan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pontianak dalam pembelajaran teks deskripsi itu rendah dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang mengatakan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri Pontianak tinggi .

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

O'Flynn, K. (2016). Students’ reading interests impact on reading comprehension abilities.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.CV.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. (Cetakan Ke-27). Bandung: Alfabeta.CV.

Rachmawati,T.Daryanto. (2015). Teori Belajar Dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Taladngoen, U., Palawatwichai, N., Estaban, R. H., & Phuphawan, N. (2020). A study of factors affecting EFL tertiary students’ reading comprehension ability. Rangsit Journal of Educational Studies, 7(1), 12-21.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Sofyana, M., Martono, M., & Heryana, N. (2024). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pontianak dalam Pembelajaran Teks Deskripsi . Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(1). https://doi.org/10.31571/bahasa.v13i1.7223