Praktik Penilaian Dinamis Berbasis Komputer dalam Menulis Akademis

Perspektif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Authors

  • Dayat Dayat Universitas PGRI Pontianak

Abstract

Meskipun pentingnya komputer diakui secara luas, tidak ada kesepakatan tentang perangkat teknologi ini yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis akademis. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perspektif mahasiswa terhadap penilaian dinamis (PD) berbasis komputer dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa program studi Pendidikan bahasa Inggris. Dengan demikian, studi ini mengadopsi kerangka kerja PD sebagai sebagai pendekatan yang menjanjikan secara teoritis dalam mengembangkan potensi belajar. Mediasi teks berbasis komputer membantu dosen untuk menyediakan dukungan dan bantuan kepada mahasiswa. Melalui PD saat, mediator dapat mengeksplorasi Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) pembelajar, yaitu jarak antara kinerja mandiri pembelajar dan kinerja dengan bantuan. Studi kasus ini melibatkan sebelas mahasiswa program studi bahasa Inggris yang diteliti melalui semi-struktur wawancara yang mendalam untuk mengungkap praktik PD oleh dosen menulis. Data wawancara, kemudian, ditranskrip, dibaca secara berulang-ulang, dan dianalisis secara tematik. Temuan menunjukkan bahwa tiga tema, yaitu positif dan negatif perspektif, dan saran untuk perbaikan praktik PD pada masa yang akan datang. Implikasi pedagogis juga dibahas dalam makalah ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alavi, S. M., & Taghizadeh, M. (2014). Dynamic assessment of writing: The impact of implicit/explicit mediations on L2 learners’ internalization of writing skills and strategies. Educational Assessment, 19(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/10627197.2014.869446.

Andujar, A. (2020). Mobile-mediated dynamic assessment: A new perspective for second language development. ReCALL, 32(2), 178-194. https://doi.org/10.1017/S0958344019000247.

Ebadi, S., & Rahimi, M. (2019). Mediating EFL learners’ academic writing skills in online dynamic assessment using Google Docs. Computer Assisted Language Learning, 32(5–6), 527–555. https://doi.org/10.1080/09588221.2018.1527362.

Estaji, M., & Ameri, A.F. (2020). Dynamic assessment and its impact on pre-intermediate and high-intermediate EFL learners’ grammar achievement. Cogent Education, 7, 1-18.

Haywood, H. C., & Lidz, C. S. (2007). Dynamic assessment in practice: Clinical and educational application. Cambridge: Cambridge University Press.

Ko, CJ. (2022). Online individualized corrective feedback on EFL learners’ grammatical error correction. Computer Assisted Language Learning, 1449-1477. https://doi.org/10.1080/09588221.2022.2118783.

Poehner, M. E. (2008). Dynamic assessment: A Vygotskian approach to understanding and promoting L2 development. Berlin: Springer.

Shabani, K. (2018). Group dynamic assessment of L2 learners’ writing abilities. Iranian Journal of Language Teaching Research, 6(1), 129-149.

Shrestha, P., & Coffin, C. (2012). Dynamic assessment, tutor mediation and academic writing development. Assessing Writing, 17(1), 55–70. https://doi.org/10.1016/j.asw.2011.11.003.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Widodo, H. P. (2016). Language Policy in Practice: Reframing the English Language Curriculum in the Indonesian Secondary Education Sector. In R. Kirkpatrick (Ed.), English Language Education Policy in Asia (Vol. 11, pp. 127–151). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-22464-0_6.

Xiaoxiao, L., & Yan, L. (2010). A case study of dynamic assessment in EFL Process writing. Chinese Journal of Applied Linguistics, 33(1), 24–40.

Yang, Y., & Qian, D. D. (2020). Promoting L2 English learners’ reading proficiency through computerized dynamic assessment. Computer Assisted Language Learning, 33(5-6), 628-652. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1585882.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Dayat, D. (2024). Praktik Penilaian Dinamis Berbasis Komputer dalam Menulis Akademis: Perspektif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(2). Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/8374