PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INDAH PUISI MELALUI STRATEGI PELATIHAN INDUSTRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SIANTAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v4i2.91Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan refleksi guru ternyata terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran membaca, khususnya membaca indah puisi. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu upaya. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menerapkan strategi pelatihan industri. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran membaca indah puisi menggunakan strategi pelatihan industri pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Siantan tahun 2014/2015? Metode penelitian ini adalah kualitatif, bentuk penelitian deskriptif, dan rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu siklus I, II, dan III. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan siswa kelas VII semester II SMP Negeri 3 Siantan tahun 2014/2015. Data diambil melalui tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dalam proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan terjadi pada proses dan hasil pembelajaran. Nilai rata-rata yang diperoleh siklus I berjumlah 55,17 nilai rata-rata pada siklus II berjumlah 75,03, dan nilai rata-rata siklus III berjumlah 83,89. Oleh sebab itu, peneliti memilih strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keikutsertaan siswa dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Â
Kata kunci: kemampuan, membaca indah puisi, dan strategi pelatihan industri.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.