METODE GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAKALAH PADA MAHASISWA

Al Ashadi Alimin, Muhammad Zikri Wiguna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini, pertama mendeskripsikan proses pembelajaran menulis makalah pada materi gerakan literasi digital menggunakan metode genius learning. Kedua mendeskripsikan hasil menulis makalah pada materi gerakan literasi digital menggunakan metode genius learning. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk dan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian melibatkan dosen pengampu mata kuliah literasi digital dan mahasiswa semester III pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Hasil Penelitian menunjukan proses pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik berdasarkan hasil observasi atau pengamatan terhadap guru dalam proses pembelajaran dan hasil tes siswa yang menunjukan peningkatan disetiap siklusnya. Sedangkan berdasarkan hasil pembelajaran menulis makalah terjadi peningkatan nilai rata-rata mahasiswa pra siklus sebesar 64.11, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 2.94 atau 4.36%, nilai rata-rata siswa menjadi 67.05, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 2.98 atau 4.26%, nilai rata-rata siswa menjadi 70,03.


Full Text:

PDF

References


Anita, R. P. (2013). Pengaruh penerapan genius learning. e-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 2(2), 10.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar.

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Giri, I. M. M. S., Tegeh, I. M., & Garminah, N. N. (2014). Pengaruh pembelajaran genius learning terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Gunawan, Adi W. (2012). Genius Learning Strategy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Indah, M. (2013). Penerapan genius learning strategy untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V SD Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-8.

Kurniati, I. & Nuroso, H. (2020). Peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas 1 tema 4 sub tema 2 melalui pembelajaran zoom dengan menggunakan media power point sekolah dasar negeri 01 lambur kecamatan kandangserang kabupaten pekalongan tahun pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1).

Noviliya, I. N., Setiawan, T. B., & Setiawani, S. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika metode genius learning dengan pendekatan open ended pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII semester gasal. KadikmA, 4(2).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19:(Online learning in the middle of the covid-19 pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Said, I. I. N., & Mahardika, R. Y. (2019). Analisis kesulitan belajar teks anekdot dengan strategi genius learning. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(2), 145-152.

Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi. Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(4)

Sopandi, S. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan menulis anekdot melalui penerapan strategi genius learning. Journal of Education Action Research, 4(4).

Yusuf, A. (2013). Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi genius learning pada siswa mi darut taqwa pasuruan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.