SURVEI MEDIA PEMBELAJARAN GURU PASCA PANDEMI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 NGABANG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran guru bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang; (2) Mendeskripsikan rata-rata motivasi belajar pasca pandemi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang; (3) Mendeskripsikan hubungan yang signifikan penggunaan media pembelajaran guru bahasa Indonesia dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran guru kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang diperoleh persentase sebesar 73,81% kategori “baikâ€, (2) Rata-rata motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang sebesar 73,23% kategori “baik", (3) Terdapat hubungan antara media pembelajaran dengan motivasi belajar kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang dengan taraf siginifikasi >0,05 dan diperoleh rhitung sebesar 0,577 dengan sig (0,307 >0,05) maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan pada sig 0,000<0,05 maka Hipotesis Nol (Ho) ditolak.
Â
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, HubunganDownloads
References
Abdullah, M. (2015). Metodelogi penelitian kuantitatif. sleman yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan paraktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pres
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, 5(2), 172-181.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan minat belajar siswa kelas
Jasmiati. (2018). pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar murid kelas iv SD Inpres Mallaengkeri 1 kecamatan tamalate kota Makassar" Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Kompri . (2019). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran. Sumatera Utara: UIN Sumatera Utara
Sanjaya, H. W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung: Alfabeta.
Supit, D. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Video dengan Motivasi belajar siswa. Cogito Smart Journal, 6(2), 73-82.
Uno, H. (2019) Teori Motivasi dan pengukurannya. PT Bumi Aksara: Jakarta
Zuldafiar dan Lahir, M. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- Al Ashadi Alimin, Muhammad Zikri Wiguna, METODE GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAKALAH PADA MAHASISWA , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 1 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Hariyadi Hariyadi, Saptiana Sulastri, Al Ashadi Alimin, Muhammad Thamimi, PEMBERDAYAAN SEKOLAH MELALUI GERAKAN LITERASI DIGITAL SEKOLAH , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)