PEMBERDAYAAN SEKOLAH MELALUI GERAKAN LITERASI DIGITAL SEKOLAH
Keywords:
literasi, digital, pemberdayaanAbstract
Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan Gerakan Literasi Digital Sekolah di SMP Negeri 5 Sungai Kakap dengan fokus pada pengembangan keterampilan literasi digital siswa dan staf pengajar. Melalui metode evaluasi yang holistik, penelitian ini menyoroti keberhasilan program dalam mengintegrasikan literasi digital ke dalam kurikulum, meningkatkan partisipasi siswa, dan meningkatkan keterampilan guru. Hasil evaluasi menunjukkan dampak positif terhadap perubahan perilaku siswa terkait penggunaan media digital, dengan peningkatan keamanan digital dan pengembangan kreativitas. Meskipun pencapaian positif, saran untuk pengembangan lebih lanjut termasuk pembaruan konten pembelajaran, penguatan pelatihan guru, dan keterlibatan orang tua yang lebih intensif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang implementasi Gerakan Literasi Digital Sekolah dan memberikan pandangan untuk meningkatkan efektivitasnya di masa depan.
Downloads
References
Ansori, F. R. (2021). Peran gerakan literasi digital sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 30(1), 71-80.
Alimin A. A. (2023) Buku Ajar: Literasi Digital Berbasis Proyek. Pontianak: PT. Pabayo Perkasa.
Bergevin, P., & Legault, M. (2017). Digital Literacy Training in Elementary Schools: A Pilot Project. Journal of New Approaches in Educational Research, 6(2), 129-135.
Martono, E., & Nugroho, H. (2020). Pengembangan Modul Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(2), 297-306.
Nugroho, W. (2020). Implementasi gerakan literasi digital di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(2), 268-278.
Thomsen, E. B. (2019). Digital literacy. In R. G. Picard (Ed.), The Routledge Handbook of Media Use and Well-Being: International Perspectives on Theory and Research on Positive Media Effects (pp. 267-278). Routledge.
Triyono, R. (2020). Gerakan literasi digital: Peningkatan kualitas pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 29(2), 214-224.
Downloads
Published
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- Al Ashadi Alimin, Muhammad Zikri Wiguna, METODE GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAKALAH PADA MAHASISWA , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 1 No. 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Al Ashadi Alimin, Hariyadi Hariyadi, Leminastikasari Leminastikasari, SURVEI MEDIA PEMBELAJARAN GURU PASCA PANDEMI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 NGABANG , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 2 (2023): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)