PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PRAKTIKUM LOGIKA MATEMATIKA BERBASIS PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA

Authors

  • Dwi Oktaviana IKIP PGRI Pontianak
  • Iwit Prihatin IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul praktikum logika matematika berbasis Phet simulation terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I kelas B IKIP PGRI Pontianak dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan penalaran matematis pada mata kuliah logika matematika dan himpunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa sesudah menggunakan modul praktikum logika matematika berbasis phet simulation. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul praktikum logika matematika berbasis phet simulation berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dwi Oktaviana, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Matematika

Iwit Prihatin, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Matematika

References

Finkelstein, N. (2006). Hightech Tools for Teaching Physics: The Physics Education Technology Project. Merlot journal of online learning and teaching, 2(3), 110-121.

Fitriastuti, N. dan Ishafit. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Media Virtual PhET pada Materi Momentum dan Tumbukan untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Quantum. ISSN: 2477-1511.

Furqan, H., Yusrizal, Y., & Saminan, S. (2017). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah No. Title. Education Indonesian Journal of Science, 4, 124-129.

Ingerman, A., Cendriclinder, Marshall, D., & Booth, S. (2007). Learning and Variation in Focus Among Physics Students When Using a Computer Simulation. Nordia Journal.

Intan, R., Astutik, S., & Maryani. (2018). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 349-355.

Izzati, N., Hindarto, N., & Pamelasari, S.D. (2013). Pengembangan Modul Tematik dan Inovatif Berkarakter pada Tema Pencemaran Lingkungan untuik Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Lahra, A. S., Hasan, M., & Mursal. (2017). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis PEndekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 36-43.

McKagan, S. B., Perkins, M., Dubson, C., Malley, S. Reid, R., LeMaster, & Wiemna, C. E. (2008). Developing and Researching PhET Simulation for Teaching Quantum Mechanics. Physics Education Technology Journal.

NCTM. (2000). Priciples and Standars for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nurmaningsih & Dafrita, I. E. (2018). Pengaruh Modul Praktikum Kalkulus Integral Berbasis Aplikasi WxMaxima Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 597-601.

Oktaviana, D. & Haryadi, R. (2020). Kemampuan Penaran Adaptif Melalui Model Reciprocal Teaching pada Logika Matematika dan Himpunan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2), 124-130.

Praswoto, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan PEndekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15-24.

Sudjito, D. N. (2019). Penggunaan Modul Praktikum Mandiri Berbasis Simulasi PHET dalam PEmbelajaran Fisika Tentang Gerak Parabola pada Bidang Datar. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2019, Universitas Tidar.

Sulaiman, dkk. (2014). Pengembangan Modul Lingkaran Berbasis Pendekatan Open Ended di Kelas III SMPN 1 Baso. Edusaintika Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 52-54.

Sylviani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Multimedia. 2(1), 1-10.

Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pemdekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan, 1(10), 1938-1942.

Wasiran, Y. (2017). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Matematika Teknik Kimia Melalui PEngembangan Modul Praktikum Matematika Berbantuan Komputer. Wahana Didaktika, 15(2), 133-147.

Widjaja, W. (2010). Design Realistic Mathematics Education Lesson. Disajikan dalam Seminar Nasional Unsri, 1 Mei 2010, FKIP Unsri Palembang.

Downloads

Published

2021-03-30