PEMANTAPAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENULISAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BERBASIS SCAMPER

Authors

  • Muchtadi Muchtadi IKIP PGRI Pontianak
  • Sandie Sandie IKIP PGRI Pontianak
  • Nurmaningsih Nurmaningsih IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana IKIP PGRI Pontianak
  • Abdillah Abdillah IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk pemantapan kompetensi guru SMAN 1 Segedong melalui pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran dan penulisan laporan penelitian tindakan kelas berbasis SCAMPER. Sedangkan upaya untuk mencapai hal tersebut maka perlu diadakan pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran offline dan online, penulisan laporan penelitian tindakan kelas, serta penulisan artikel. Sasaran kegiatan ini akan dilaksanakan untuk guru-guru di SMAN 1 Segedong di Kabupaten Mempawah. Semoga dengan pelatihan dan pendampingan ini, kompetensi guru SMAN 1 Segedong di Kabupaten Mempawah dalam menulis membuat media pembelajaran offline, online, dan penlulisan laporan penelitian tindakan kelas dapat ditingkatkan. Sekaligus dapat digunakan dalam memenuhi syarat dalam kenaikan pangkat guru.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Pendampingan, Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-IlmuSosial Dan Budaya, 1(2), 127–150.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Pedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmad, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25.

Fitriani, R. S., Bachtiar, Y., & Nikawanti, G. (2019). Keterampilan Menulis Laporan Penelitian Tindakan Kelas Guru di Kecamatan Plered Purwakarta. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Comference Series, 2(1), 355–359.

Gladding, S. T. (2011). Using Creativity and the Creative Arts in Counseling: An International Approach. Turkish Psychological Counseling and Guidance Journal, 4(35), 1–7.

Haryati, S., Sukarno, S., & Siswanto, S. (2021). Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Transformasi Dan Inovasi - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–23.

Kemendikbud. (2020a). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebran Covid-19. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Teknology, 1(2), 151–160. http://dx.doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Oktaviani, L., Styawati, Lathifah, Lestari, Y. T., & Khadaffi, Y. (2021). PKM Peningkatan Pemahaman Guru Mengenai Penelitian Tindakan Kelas dan Kualitatif di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Widya Laksmi Penerbit Yayasan Lavandaia Dharma Bali, 1(2), 98–103.

Paimun, P. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENULIS ARTIKEL MELALUI WORKSHOP. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34682

Riskiono, S. D., Oktaviani, L., & Sari, F. M. (2021). Implementation of the School Solar Panel System to Support the Availability of Electricity Supply at SDN 4 Mesuji Timur. IJISCS (International Journal of Information System Abd Computer Science), 5(1), 34–41.

Salim, H. (2015). Penelitian Tindak Kelas. Perdana Publishing.

Serrat, O. (2017). The SCAMPER Technique. In O. Serrat (Ed.), Knowledge Solutions: Tools, Methods, and Approaches to Drive Organizational Performance (pp. 311–314). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0983-9_33

Sudrajat, A. (2012, Agustus). SCAMPER untuk Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Blog Pendidikan. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2012/08/28/scamper-untuk-pembelajaran-kreatif-dan-inovatif/

Suhartono, S., Chamdani, M., Susiani, T. S., & Salimi, M. (2016). Development Scamper Technique With Scientific Approach In Improving Teachers’ Writing Competence. Proceeding The 2nd International Conference On Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2, 1.

Downloads

Published

2023-01-13

Most read articles by the same author(s)