PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI POLA BILANGAN

Authors

  • Nanda Calesti IKIP PGRI Pontianak
  • Yudi Darma IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran lembar kerja siswa berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Menyuke yang menghasilkan produk yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development R&D dengan rancangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Dimana penelitian ini melibatkan 3 ahli validator materi dan 3 ahli media. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Menyuke yang berjumlah 12 siswa. Data yang didapatkan dari lembar validasi, angket respon guru dan angket respon siswa, serta tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media lembar kerja siswa layak untuk digunakan dengan kriteria kevalidan sangat valid dengan persentase kevalidan adalah 90,9%. Untuk kepraktisannya mendapatkan persentase sebesar 89,5% dengan kriteria sangat praktis. Adapun untuk keefektifannya mendapatkan persentase sebesar 75% dengan kriteria efektif.

 

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429-437.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, H. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi, 14(1), 169-178.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka setia.

Handayani & Mandasari. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 144 – 151.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., Sumarmo, U. (2017). Hard Skills Matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama

Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. SAP ( Susunan Artikel Pendidikan), 3(2).

Nawawi, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Oktaviana, D & Haryadi, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa dan Karakteristik Cara Berpikir. Jurnal Studi Multukultural Internacional Kawanua, 1(1), 38-47.

Risanti, R., Darma, Y., Hartono, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. MATHEMA: Journal Pendididkan Matematika. 3(2), 127 – 135.

Rusman. (2011). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, I. P., Arwansyah, A., & Hasyim, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 4(1), 81-92.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S, (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2),148-158.

Tatang, S. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Downloads

Published

2023-01-12

Most read articles by the same author(s)