RAGAM BAHASA BAKU PADA MAKALAH ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Authors

  • Dinda Septiandari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ratna Dewi Kartikasari Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

ragama bahasa baku , penulisan karya ilmiah, bahasa baku

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahasa baku dalam karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa PBSI UMJ. Karya ilmiah merupakan suatu karya tulis yang mempunyai kaidah-kaidah tertentu dalam penulisannya, salah satunya adalah penggunaan bahasa baku yang baik dan benar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana mahasiswa PBSI UMJ menggunakan bahasa baku dalam menulis karya ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian bahasa, metode penelitian deskriptif cenderung digunakan dalam penelitian kualitatif, terutama dalam mengumpulkan data dan kemudian mendeskripsikan data tersebut secara ilmiah. Hasil penelitian ini berupa makalah yang disusun oleh mahasiswa PBSI UMJ dengan menggunakan berbagai bahasa standar. Makalah disiapkan menggunakan berbagai bahasa lisan standar. Ragam bahasa yang digunakan dalam penulisan ilmiah menunjukkan bahasa yang sesuai dengan bidangnya, yaitu ragam ilmiah. Disarankan bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia baku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, E. Z. & Amran, T. (2010). Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku dalam Bahasa Indonesia. Eunoia: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 1(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/article/view/1136/847.

Jamilah. (2017). Penggunaan Bahasa Baku dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 6(2). https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/view/1603.

Moeliono, A. M. (1984). Santun Bahasa. Gramedia: Jakarta.

Mujianti, Y. (2018). Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(1). http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/1114.

Mutiara. Dkk. (2023). Variasi dan Ragam Bahasa. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, D. R., dkk. (2024). Penggunaan Bahasa Baku Dalam Penulsan Karya Ilmiah. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4(2). https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/elmujtama/article/view/3919/3132.

Downloads

Published

2024-01-13