TINDAK TUTUR MASYARAKAT DESA KARIHKIL KECAMATAN CISEENG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Amalia Susanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ratna Dewi Kartikasari Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

tindak tutur lokusi, ilokusi, perlokusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tindak tutur pada aktivitas lingkungan keluarga masyarakat Desa Karihkil Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Kajian pokok pada penelitian ini yaitu: bagaimana jenis tindak tutur dalam lingkungan keluarga dan bagaimana wujud tindak tutur masyarakat Desa Karihkil Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu tuturan lisan di lingkungan keluarga. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, jenis tindak tutur yang terjadi dalam kegiatan masyarakat di lingkungan keluarga Desa Karihkil Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor berjenis tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi, dan tindak tutur perlokusi. Kedua, wujud tindak tutur yang terjadi dalam kegiatan masyarakat Desa Karihkil Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor meunjukkan bahwa: jenis tindak tutur lokusi, yang meliputi pernyataan, perintah, dan pertanyaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifiany, N. Ratna, M. P., dan Trahutami, S. I., (2016). Pemaknaan Tindak Tutur Direktif dalam Komik Yowamushi Pedal Chapter 87-93. Jurnal Japanese Literatur. Vol. 2, No.1, 1-11.

Chaer, A. dan Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Selvia, F. S. dkk. (2022). Tindak Tutur di Lingkungan Keluarga Masyarakat Desa Nusantara Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Basataka (JBT) Universitas Balikpapan. Vol. 5, No. 2.

Susmita, N. (2019). Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JPGI: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(No. 1).

Verawati, F. M. (2019). Tindak Tutur Masyarakat di Desa Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume: 1 Nomor: 1.

Downloads

Published

2024-01-13