ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA BAKU DAN TIDAK BAKU MAHASISWA PBSI UMJ DI INSTAGRAM

Authors

  • Pebriliana Husnul Khotimah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ratna Dewi Kartikasari Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

bahasa baku, bahasa tidak baku, instagram

Abstract

Saat ini, teknologi berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Selain pesatnya kemajuan teknologi, penggunaan bahasa di kalangan penggunanya juga ikut berkembang. Penggunaan bahasa tulisan di media sosial merupakan salah satu penggunaan bahasa. Penulisan ekspresi diri dilakukan di situs media sosial seperti Instagram. Generasi muda menggunakan media sosial tidak hanya sebagai wadah ekspresi diri tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Jakarta memanfaatkan bahasa baku dan tidak baku pada platform media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mahasiswa, khususnya di Instagram, menggunakan bahasa yang baku dan tidak baku. Karena peneliti berupaya menyampaikan fakta secara obyektif sesuai dengan kenyataan yang terlihat pada profil Instagram mahasiswa tentang penggunaan bahasa baku dan tidak baku, maka penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku dalam Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia). Volume 1 Nomor 2.

Franesti, D. (2021). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baku di Kalangan Remaja. FKIP E-Proceeding.

Ningrum, V. S. (2019). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku di Kalangan Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Jurnal Skripta: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 5 Nomor 2.

Purba, F. R. dkk. (2021). Kemampuan Mahasiswa Universitas Negeri Medan dalam Menggunakan Bahasa Baku dan Tidak Baku. Jurnal Pesona: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra. Volume 7 Nomor 2.

Salliyanti. (2003). Analisis Bahasa Baku dan Nonbaku dalam Bahasa Indonesia. Medan: USU Digital Library.

Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku Pada Siswa Kleas IV SD. Jurnal Gramatika. Volume 2 Nomor 1.

Yastini, Y. N., dkk. (2018). Kemampuan Penggunaan Bahasa Baku Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi di Media Sosial Instagram. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1 Nomor 4.

Downloads

Published

2024-01-13