STUDI BUDIDAYA BURUNG WALET DI WILAYAH GORONTALO KAWASAN TELUK TOMINI

Authors

  • Candra Hakim Universitas Negeri Gorontalo
  • Rivaldi Tala’a Universitas Negeri Gorontalo
  • Taufik Daud Universitas Negeri Gorontalo
  • Syukri I Gubali Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

hama, sarang burung, burung wallet

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi peternak walet. Metode pengambilan data menggunakan pendekatan studi kasus melalui wawancara langsung dengan pemilik usaha sarang burung walet yang ada di desa Poowo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Burung hantu termasuk hama yang sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidup walet. terkenal dengan populasi burung pemangsa yang tinggi khususnya burung hantu. Hama tikus menjadi masalah serius dan harus segera diatasi untuk tetap menjaga kestabilan kualitas dan kuantitas dari panen. Dampak adanya tokek di dalam rumah burung walet adalah suaranya yang keras mengganggu ketenangan burung walet selain itu tokek juga seringkali memakan sarang burung walet, telur, maupun anak burung walet. hasil penilitian bahwa permasalahan yang ada pada sarang burung walet seperti hama burung hantu, tikus, dan tokek dapat di cegah dengan cara penerangan terhadap rumah walet, meletakan racun tikus dan memasang jebakan tokek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriadi. (2020). Usaha Burung Walet Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Malimongeng.

Dewi, M.E. (2020). Benefits of Edible Bird Nest Consumption. Jurnal Kedokteran Ibnu Nafis, 9(1), pp. 12–16.

Ihsan, A., Janati, N., & Ermansyah, E. (2022). Analisis Faktor Penghambat Dalam Penangkaran Sarang Burung Walet dan pengaruhnya terhadap pendapatan masyarakat Di Kec. Sungai Lala Kab. Indragiri Hulu Ditinjau Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Khazanah Ulum Ekonomi Syariah (JKUES), 6(1), 55-59

Kartika, K., Misriana, M., & Julsam, J. (2021). Pintu Pengaman Hama Burung Hantu Pada Rumah Budidaya Burung Walet Berbasis Mikrokontroler. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, Vol. 5, No. 1, pp. 173-176.

Kha, F.E.Y. et al. (2021). Manfaat Sosial Ekonomi Budidaya Sarang Burung Walet Bagi Masyarakat, Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 12(2), pp. 64–77. Available at: http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/ekosos.

Lambo, Z. B. (2022). Analisis Risiko Produksi Usaha Sarang Burung Walet (Collacalia fuciphagus) Di Kecamatan Betayau Kabupaten Tana Tidung.

Mulia, A. H. (2010). Cara Jitu Memikat Walet. AgroMedia.

Mulyadi, A. and Setyawan, A.B. (2021). Gambaran Penggunaan Sarang Burung Walet sebagai Suplemen Penambah Selera Makan di Indonesia: Literature Review Tahun 2020, Jurnal Borneo Student Research, 2(3), p. 1880. Available at: https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1996.

Sholihin, D. R. (2020). Menciptakan Budidaya Burung Walet Yang Baik Building Good Swiftlet Farming‟,Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology,1(1),pp.269277.Availableat:https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/artic le/view/14

Sulistyorini, E., Sampurna, E. R., Basri, H., & Yulianto, M. F. (2020). Pengendalian Hama Tikus Dengan Pengasapan Modern Diterapkan Di Dusun Sidomulyo. Share: Journal of Service Learning, 6(1), 18-22.

Yoshihara, F. K., Daru, T. P., & Ardhani, F. (2021). Pengaruh Suhu dan Kelembaban Terhadap Produksi Sarang Burung Walet di Kampung Engkuni Pasek Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Peternakan Lingkungan Tropis, 4(2), 24-36.

Downloads

Published

2024-01-13

Most read articles by the same author(s)