STUDI BUDIDAYA BURUNG WALET (COLLOCALIA FUCHIPAGA) DI DESA PUTIANA WILAYAH GORONTALO KAWASAN TELUK TOMINI

Authors

  • Muh. Al-Qhaddafi Dalle Universitas Negeri Gorontalo
  • Yasri Mar’atunisa Deluku Universitas Negeri Gorontalo
  • Febriani Ali Universitas Negeri Gorontalo
  • Syukri I Gubali Universitas Negeri Gorontalo
  • Sufarmin Fathan Universitas Negeri Gorontalo
  • Nibras K Laya Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Yenni Pateda Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

walet, bangunan walet, kecoak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala yang di hadapi peternak walet. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September di desa putiana kecamatan anggrek kabupaten Gorontalo utara. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data dengan pendekatan studi kasus wawancara langsung pada salah satu peternak walet di desa putiana. Hasil yang diperoleh dari wawancara yaitu gedung walet yang berada di desa putiana milik bapak buhair terdapat tiga lantai Gedung walet dibuat menggunakan bata merah dan menjadi bangunan beton dan lantai menggunakan kayu. Ruangan yang berada di lantai satu dibuatkan kolam yang tepat dibawah pintu masuk walet dan terdapat kipas angin khusus bangunan walet. Lantai dua dan tiga bangunan walet terdapat wadah untuk penampungan air yang berfungsi agar suhu di dalam bangunan stabil. Terdapat kendala hama yang sering menyerang bangunan yaitu kecoak. Kecoak dapat merusak kualit as sarang walet yang berdampak pada harga jual. Sanitasi merupakan salah satu cara yang dapat mengurangi kecoak berkembang biak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuti dan Turaina. (2016). Identifikasi Habitat dan Produksi Sarang Burung Walet (Collocalia fuciphaga) Di Kabupaten Lampung Timur. Students e-Journals. 5 (4), 1 -3.

Dani, A. (2021). Analisis Kontibusi Pendapatan Burung Walet Terhad ap Penghasilan Rumah Tangga Peternak Di Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Fakultas Pertanian Universitas Muhammad iyah Sumatera Utara Medan.

Davis, H. N. dan Jeff, R.W. (2018). Household Pests of Kansas. Penerbit K.STATE Research and extension. Kansas: 15-17.

Enggana, Y dan Fatich, M. (2008). Budi Daya Walet: Pengalaman Langsung Para Pakar dan Praktisi. Jakarta: Penebar Swadaya

Hara, F.K.Y., Taufan, P.D. dan Fikri, A. (2021). Pengaruh Suhu Kelembaban Terhadap Produksi Sarang Burung Walet di Kampung Engkuni Pasek Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Peternakan Peternakan Lingkungan Tropis. Vol. 4(2), 34-36

Harlina, S. dan Rizaldy, A. (2019). Rancangan Bangunan Sistem Pengendali Suhu Kelembaban Dan Cahaya Pada Rumah Walet Berbasis Microkontroler. E-Jurnal Jusiti: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 8(2), 131-140.

Keman, S. (2022). Dasar Kesehatan Lingkungan. Surabaya: Airlangga University Press

Lambey, L.J., Josephine, L.P.S. dan James, K. (2022). Aneka Ternak dan Satwa Harapan. Bandung: Patra Media Grafindo.

Marzuki, A. F., Sunu, K., Masnunah, H. dan Yustina, E. W. (1999). Meningkatkan Produksi Walet Berazas Kelestarian. Jakarta: Penebar Swadaya.

Petras, R.R., Ari, U., Sri, Y. dan Martini, M. (2022). Kepadatan Kecoa dan Spesies Kecoa pada Warung Makan sebagai Indikator Sanitasi Lingkungan. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Foriles. Vol. 13, 168.

Prihantini, C.I, Haerul, H., Syahrir, S. dan Masitah, M. (2023). Strategi Pemasaran Pada Usaha Sarang Burung Walet Di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9 (2), 3152-3162.

Purwanto, E. (2016). Perancangan video dokumenter" Sarang Burung Walet: Daya dan Khasiat" untuk pembudidayaan burung walet. Jurnal DKV Adiwarna, 2(9), 7.

Rajani, A., Ana, Z. dan Inda, I. I. (2021). Kontribusi Pendapatan Usaha Sarang Burung Walet (Collocalia Spp) Di Desa Namun Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong. Jurnal Sains STIPER Amuntai. Vol. 11 (2), 123

Saleh, M. M., Ambarraras, W. P. dan Hadi, I. (2022). Kontribusi Usaha Sarang Burung Walet Dalam Peningkatan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Islamic Business and Finance, 3 (1)

Suryani, I. (2021). Analisis Pendapatan Usaha Sarang Burung Walet Di Desa Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Susilowati, E. (2018). Pengaturan Terhadap Pembangunan Gedung Sarang Burung Walet Di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Morality. 4 (1), 1 - 12.

Wahyuni, D.S., Latif, H., Sudarwanto, M. B. dan Basri, C. (2022). Pola Pemeliharaan Burung Walet Pada Pulau-Pulau Utama Penghasil Sarang Burung Walet di Indonesia. Jurnal Sain Veteriner, 40(2), 117-127.

Yudhastuti, R. (2021). Pengendalian Vektor dan Rodent. Jakarta: Zifatma Jawara

Zuroida, R. dan Aziza, R. (2018). Sanitasi Kandang dan Keluhan Kesehatan Pada Peternak Sapi Perah di Desa Murukan Kabupaten Jombang. Jurnal Kesehatan Lingkungan. Vol. 10 (4), 435

Downloads

Published

2024-01-13

Most read articles by the same author(s)