PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Penulis

  • Yumi Sarassanti IAIN Pontianak

Kata Kunci:

pengembangan, bahan ajar, sistem persamaan linear, kemampuan pemecahan masalah

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika dengan mengembangkan bahan ajar sistem persamaan linear untuk memecahkan masalah matematika. jenis penelitian menggunakan pengembangan (R&D)  menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validator, dan angket respon siswa serta soal tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil validator yakni 89% (sangat Layak) dan respon siswa dengan persentase 68% (baik). Secara keseluruhan bahan ajar ini dapat di terima dengan baik oleh guru dan siswa didukung oleh hasil validasi dari para ahli yang menyatakan bahan ajar layak digunakan untuk kegiatan belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cahyani, H. and Setyani, R. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang,p.152-155

Harani Tanjung, S. and Amalia, Y., (2019). Pengembangan Bahan Ajar Problem Based Learning Kemampuan Pemecahan Masalah Materi SPLTV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), pp.70-80.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indrawati, K., Muzaki, A. and Febrilia, B., (2019). Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), pp.69-84.

Kasmina and Toali. (2018). Matematika kelas X SMK/MAK. Jakarta : Penerbit Erlangga

Khoirudin, A., Dwi Styawati, R. and Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), p.33.

Mudlofir, A. (2011). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nurafni, A., Pujiastuti, H. and Mutaqin, A., (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), p.71.

OECD. (2013). Penilaian PISA 2018 dan Kerangka Analisis PISA. Paris : OECD Publishing

Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linier Berbasis Nilai-nilai Keislaman dengan Pendekatan Saintifik. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 155-163.

Rizky, S. and Linuhung, N., (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual Dan ICT. Aksioma Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 5(2), pp.137-144.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana : Prenadamedia Group

Sugiyono. (2018). Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Tambunan, H. (2014). Strategi Heuristik Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sekolah. Jurnal Saintech,6(4)

Waskitoningtyas, R. (2015). Pembelajaran Matematika Dengan Kemampuan Metakognitif Berbasis Pemecahan Masalah Kontektual Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Pendidikan Matematika, 1(3).

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-13