KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SECARA LISAN MELALUI METODE BERCERITA DI KELAS RENDAH SD NEGERI 34 PONTIANAK

Authors

  • Tri Mega Ralasari Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jl. Ampera No.88 Pontianak
  • Fitri Darmayanti Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jl. Ampera No.88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.655

Abstract

Tujuan penelitian adalah agar anak dapat berkomunikasi dengan alat atau tanpa alat untuk menyampaikan pesan/informasi melalui bercerita dengan rasa menyenangkan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang dikemas dalam layanan informasi berkenaan dengan tema Mengenal Diriku. Metode cerita yang dibawakan merupakan variabel tindakan yang dikemas harus menarik dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan bagi anak TK/SD. Metode ini akan menstimulasi dan memotivasi anak untuk mengeluarkan pendapat, mengemukakan pendapat tentang tokoh-tokoh dalam suatu cerita tertentu. Dari hasil tindakan diperoleh hasil dengan kriteria tinggi sehingga penggunaan media bercerita memberikan pengaruh tinggi dalam meningkatkan kemampuan membaca cerita anak di SD Negeri 34 Pontianak.

 

Kata Kunci: komunikasi lisan, metode cerita, kelas rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-28

How to Cite

Ralasari, T. M. and Darmayanti, F. (2017) “KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SECARA LISAN MELALUI METODE BERCERITA DI KELAS RENDAH SD NEGERI 34 PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), pp. 167–177. doi: 10.31571/sosial.v4i2.655.