BIMBINGAN KELOMPOK ROLE PLAYING UNTUK MENGEMBANGKAN RASA HORMAT MAHASISWA KEPADA DOSEN

Tri Mega Ralasari, Eli Trisnowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui kondisi rasa hormat yang dimiliki oleh mahasiswa terhadap dosen, dan mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan rasa hormat mahasiswa terhadap dosen. Adapun variabel yang menjadi aspek dalam penelitian untuk mengetahui sejauhmana pengaruhnya terhadap keterlaksanaan layanan bimbingan kelompok terdiri dari perasaan, pengetahuan, dan tindakan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terbuti bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif mengembangkan rasa hormat mahasiswa terhadap dosen.

Keywords


bimbingan kelompok; role playing; rasa hormat;

Full Text:

PDF

References


Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dewanti Rima Septinda dkk. (2018). Pengembangan Paket Bimbingan Rasa Hormat untuk Mahasiswa Kampus Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol 3. Halaman: 365-370. Tersedia: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/EISSN: 2502-471XDOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI

Faridah Nur Diantini. (2015). Efektivitas Teknik Modeling Melalui Bimbingan kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Hormat Mahasiswa (Kuasi Eksperimen Terhadap Mahasiswa Kelas X Di SMK Muhammadiyah 2 Di Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015)

Tarigan, Arleni. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS mahasiswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Dosen Kampus Dasar Fakultas Kedosenan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol 3, Halaman: 102. Tersedia: Edisi Khusus HUT PGRI ke-71 Tanggal 25 November 2016 ISSN: 2303-1514.

Welly, Aparadita. (2015). Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Sikap Hormat Terhadap Dosen pada Kelas VIII A SMP Negeri 17 Surakarta pada Tahun Ajaran 2014/2015.

Yaumi, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v8i1.2228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Mega Ralasari, Eli Trisnowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302