Penerapan Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Keterampilan Penulisan Desain Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak

Penulis

  • Rika Anggela IKIP PGRI Pontianak
  • Suherdiyanto Suherdiyanto
  • Rina Rina IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.857

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendapatkan informasi secara jelas, objektif dan sistematis tentang penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dalam meningkatkan keterampilan penulisan desain penelitian pada mata kuliah Seminar Kuliah Geografi Semester VI IKIP PGRI Pontianak TA. 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan secara partisipatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penerapan Group Investigation pada siklus I dan Siklus II baik sekali. Persentase Ketuntasan kelas Keterampilan penulisan desain penelitian pada pra tindakan sebesar 38,9%, siklus I sebesar 66,1% dan siklus II sebesar 100%. Peningkatan kepercayaan diri mahasiswa mulai pra tindakan sampai pada siklus I sebesar 26,7% dan mulai siklus I sampai pada siklus II sebesar 33,4%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-09-26

Cara Mengutip

Anggela, R., Suherdiyanto, S. dan Rina, R. (2018) “Penerapan Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Keterampilan Penulisan Desain Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), hlm. 55–64. doi: 10.31571/sosial.v5i1.857.