PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA ENERGI DAN DAYA DI KELAS X SMK DARUL DAKWAH SUNGAI AMBAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i2.1174Keywords:
Model pembelajaran Discovery Learning dan hasil belajar siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha energi dan daya. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha energi dan daya.
Metode penelitiaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Pre-Experimental Design menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Darul Dakwah Sungai Ambawang.
Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan perolehan uji Wilcoxon yakni nilai  dan dengan rincian nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 38,56 dan 76,63. (2) Berdasarkan uji effect size menunjukkan nilai sebesar 2,55. Dari kriteria interpretasi nilai effect size besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dikategorikan tinggi terhadap hasill belajar siswa.
Â
Downloads
References
Komara, E. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Banding: Refika Aditama.
Anitah, S. 2009. Teknologi Pembelajaran. Surakarta Yuma Pustaka.
Anita. Sy Lukman Hakim Assagaf. Boisandi. 2018. The Understanding of Pre-Service Physics Teachers on Electric Circuit Concept. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Jilid 4. nomor 2. Halaman 125-130.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.