Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Mengenalkan Alat-Alat Optik
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i1.3124Keywords:
Kata kunci, Penelitian dan pengembangan model 4 D, Media pembelajaran pop up book.Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya keterbatasan sumber belajar yang menarik, inovatif, dan mampu menciptakan suasana pembelajaran aktif sehingga berpengaruh terhadap minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran pop up book untuk mengenalkan alat-alat optik berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pop up book untuk mengenalkan alat-alat optik pada siswa kelas VI SD Negeri 17 pongok tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) atau yang biasa disebut dengan RND dengan model 4 D milik Thiagarajan yang terdiri dari tahapan pendefinisian (Define), desain (Design), pengembangan (Development), dan tahap (Dessimenitasion) yang dibatasi sampai pada tahap pengembangan (Development) yang dipadukan dengan 4 level penelitian milik sugiyono dan peneliti berada pada level 3. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 17 Pongok yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung berupa angket. Sedangkan alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa angket yaitu lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil validasi media pembelajaran berdasarkan validator ahli materi pada aspek isi, bahasa, dan penyajian diperoleh hasil penilaian rata-rata dengan presentase sebesar 85 % dengan kriteria sangat layak, (2) hasil validasi yang telah dilakukan oleh validator ahli media pada aspek tampilan, bahasa, dan kepraktisan diperoleh hasil penilaian rata-rata dengan presentase sebesar 87 % dengan kriteria sangat layak. (3) Sedangkan merujuk pada hasil respon siswa diperoleh hasil penilaian rata-rata dengan presentase 89 %. Dengan demikian media pembelejaran pop up book efektif digunakan sebagai media pembelajaran alternatif untuk siswa kelas VI SD Negeri 17 Pongok.
Downloads
References
Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyatno, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1 (3): 221-228.
Fitriyanti, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash Topik Bahasan Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP Negeri 12 Pontianak. Skripsi. Pontianak: tidak diterbitkan.
Halisah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Guna Menunjang Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi ditingkat SMA/MA. Tersedia di ( http://repository.radenintan.ac.id/4894). [20 Mei 2020]
Haryanti. A. (2017). Keefektifan Media Pop-Up Book pada Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri digugus Diponegoro Karangayung Grobogan. Tersedia di ( https://lib.unnes.ac.id/31248/1/14014). [20 juli 2020]
Nailiyah, R.M., Subiki, & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan Modul IPA Tematik Berbasis Etnosains Kabupaten Jember pada Tema Budidaya Tanaman Tembakau di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (3): 261-269.
Putri, Q. R., Pratjojo, Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meingkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan disekitar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2 (2) : 169-175.
Sudjana, N., & Rivai, A. 2015. Media Pembelajaran : buku yang akan memudahkan guru dalam memilih, merancang, dan menggunakan media pembelajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Tomi Hidayat, Ira Nofita Sari, Korelasi Kemampuan Matematis dengan Hasil Belajar pada Materi Suhu di Kelas X SMA Negeri 1 Jawai Selatan , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Deti Novianti Wulandari, Anita Anita, Eka Trisianawati, pengembangan bahan ajar fisika berbasis buku fabel berkarakter pada materi gerak lurus beraturan , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Linda Oktavia, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KALOR DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Ade Tri Detasari, Kim Bely, Ira Nofita Sari, Analisis kultur sekolah di Kota Pontianak , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Astuti Astuti, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari, Optimalisasi Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan Kelas X SMA Negeri 1 Salatiga , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Mira Batil, Ira Nofita Sari, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studnt Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Erliani Dini Melpri, Anita Anita, Eti Sukadi, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA BANJIR PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI MIPA DI SMA N 1 SUNGAI KAKAP , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Sarah Ashari, Diana Diana, Okta Triana, Ira Nofita Sari, ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KOMPUTER DI KALIMANTAN BARAT , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Kalista Rossisca, Joko Suranto, Ira Nofita Sari, Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Kalor di Kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Gresi Novita Sari, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari, Remediasi hasil belajar fisika dengan media power point pada materi hukum newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)