PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS TEMATIK PADA MATERI TEKANAN ZAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 SENGAH TEMILA

Authors

  • Desi Mayang Bagule IKIP PGRI Pontianak
  • Anita Anita IKIP PGRI Pontianak
  • Lia Anggraeni IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

, modul, tematik, tekanan zat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan modul fisika berbasis tematik pada pokok bahasan tekanan zat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Rancangan penelitian dengan memodifikasi 10 langkah menurut Borg and Gall menjadi 6 langkah. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek pengembangan (validator) dan subjek uji coba produk (siswa) kelas VIII A SMP yang berjumlah 14 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli materi, data ahli media dan respon siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli materi, angket ahli media dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif berupa komentar dan saran yang ada pada lembar angket validasi ahli sedangkan data kuantitatif berupa angka-angka yaitu 4,3,2, dan 1 berdasarkan skala likert yang kemudian dirata-rata. Hasil pengembangan berupa modul fisika berbasis tematik. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 78% dengan kriteria layak, validasi ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 83 % dengan kriteria sangat layak dan respon siswa memperoleh skor rata-rata  sebesar 86 % dengan kriteria sangat setuju.

Kata Kunci: Modul, Tematik, Tekanan Zat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Desi Mayang Bagule, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Fisika

Fakultas MIPA Teknologi

IKIP PGRI Pontianak

Anita Anita, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Fisika

Fakultas MIPA Teknologi

IKIP PGRI Pontianak

Lia Anggraeni, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Fisika

Fakultas MIPA Teknologi

IKIP PGRI Pontianak

References

Setyowati, R., Parmin, dan Arif, W. 2013. Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. USEJ, Vol. 2(2): 245-253, 2013.

Tarigan, Henry G . 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. 1986.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajatan Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. 2010.

Poerwadarminta, W.J.S. 1983. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 1983.

Khairoh, Lutfiana., Ani, R., dan Sri, N. 2014. Pengembangan Buku Cerita IPA Terpadu Bermuatan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Tema Pencemaran Lingkungan. USEJ., 3 (2): 519-527, 2014.

Sasmita, A., Khusnul, F. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Quantum Learning Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar. USEJ. 8 (2): 163-170, 2018.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. 2017.

Boisandi. Alsagaf, 2021. SLH. Developing Electrical Magnetic Textbook Based On Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). Jurnal Pendidikan Fisika 9 (1), 14-24.

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

Mayang Bagule, D., Anita, A., & Anggraeni, L. (2021). PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS TEMATIK PADA MATERI TEKANAN ZAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 SENGAH TEMILA. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 4(1), 6–11. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/article/view/2424