PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS TEMATIK PADA MATERI TEKANAN ZAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 SENGAH TEMILA
Keywords:
, modul, tematik, tekanan zatAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan modul fisika berbasis tematik pada pokok bahasan tekanan zat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Rancangan penelitian dengan memodifikasi 10 langkah menurut Borg and Gall menjadi 6 langkah. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek pengembangan (validator) dan subjek uji coba produk (siswa) kelas VIII A SMP yang berjumlah 14 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli materi, data ahli media dan respon siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli materi, angket ahli media dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif berupa komentar dan saran yang ada pada lembar angket validasi ahli sedangkan data kuantitatif berupa angka-angka yaitu 4,3,2, dan 1 berdasarkan skala likert yang kemudian dirata-rata. Hasil pengembangan berupa modul fisika berbasis tematik. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 78% dengan kriteria layak, validasi ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 83 % dengan kriteria sangat layak dan respon siswa memperoleh skor rata-rata  sebesar 86 % dengan kriteria sangat setuju.
Kata Kunci: Modul, Tematik, Tekanan Zat.
Â
Downloads
References
Setyowati, R., Parmin, dan Arif, W. 2013. Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. USEJ, Vol. 2(2): 245-253, 2013.
Tarigan, Henry G . 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. 1986.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajatan Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. 2010.
Poerwadarminta, W.J.S. 1983. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 1983.
Khairoh, Lutfiana., Ani, R., dan Sri, N. 2014. Pengembangan Buku Cerita IPA Terpadu Bermuatan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Tema Pencemaran Lingkungan. USEJ., 3 (2): 519-527, 2014.
Sasmita, A., Khusnul, F. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Quantum Learning Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar. USEJ. 8 (2): 163-170, 2018.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. 2017.
Boisandi. Alsagaf, 2021. SLH. Developing Electrical Magnetic Textbook Based On Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). Jurnal Pendidikan Fisika 9 (1), 14-24.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Deti Novianti Wulandari, Anita Anita, Eka Trisianawati, pengembangan bahan ajar fisika berbasis buku fabel berkarakter pada materi gerak lurus beraturan , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Erliani Dini Melpri, Anita Anita, Eti Sukadi, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA BANJIR PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI MIPA DI SMA N 1 SUNGAI KAKAP , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Selvanus Yudi Prayogo, Anita Anita, Ira Nofita Sari, Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Mengenalkan Alat-Alat Optik , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- eva hasanah, anita anita, lia anggraeni, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA ENERGI DAN DAYA DI KELAS X SMK DARUL DAKWAH SUNGAI AMBAWANG , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)