This is an outdated version published on 2024-07-08. Read the most recent version.

Pengembangan Alat Peraga Viskometer Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno pada Materi Fluida Kelas XI SMA Negeri 1 Kuala Mandor B

Authors

  • Wani Sapitri IKIP PGRI Pontianak
  • Soka Hadiati IKIP PGRI Pontianak
  • Syarif Lukman Hakim Assegaf IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i2.5345

Keywords:

Kata kunci, Viskometer, Arduino Uno, Fluida

Abstract

Pengembangan alat peraga viskometer berbasis mikrokontroler arduino uno sebagai media pembelajaran pada materi fluida bertujuan untuk mengetahui kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan untuk mengetahui kelayakan respon siswa terhadap penggunanya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan atau produksi, implementasi atau pengiriman, dan evaluasi. Peneliti ini menguji kelayakan alat peraga dan keselarasan konsep materi fluida oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media. Selain itu, penelitian ini juga melihat respon siswa dari 19 siswa SMA Negeri 1 Kuala Mandor B terhadap penggunaan media yang dikembangkan menggunakan angket. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli validator materi dapat disimpulkan bahwa alat peraga viskometer berbasis mikrokontroler Arduino Uno sebagai media pembelajaran pada materi fluida memperoleh skor rata-rata 96% dengan kategori sangat layak dan hasil penilaian dilakukan oleh ahli media dengan rata-rata perolehan skor 93% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap penggunaan media diperoleh rata-rata skor belajar 86% dengan kategori sangat setuju.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wani Sapitri, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Fisika. IKIP PGRI Pontianak

References

DAFTAR PUSTAKA

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya OFFSET.

Matsun., Dochi R., & Isnania L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet berbasis android di program studi pendidikan fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, https://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/23703/18608.

Pambudi & Bayu. (2018). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Jurnal of PEducation, 2018, 2.2: 28-33. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097

Bahtiar, Y.A., Ariyanto, D., Taufik, M., & Handayani, T. (2019). Pemisah Organik dengan Sensor Induktif dan Kapasitif Sensor Inframerah Terintegrasi. Jurnal EECCIS (Listrik, Elektronik, Komunikasi, Kontrol, Informatika, Sistem), 13(3), 109-113.

Jonimar, J. (2020). Pemanfaatan alat peraga IPA untuk meningkatkan kemampuan guru dan hasil belajar siswa sekolah dasar. ISE: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Indonesia, 1(2), 69-84.

Ramadhan, D., Serevina, V., & Raihanati, R. (2016). Pengembangan alat praktikum viskometer metode bola jatuh bebas berbasis sensor efek hall UGN3503 sebagai media pembelajaran fisika. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-RND).

Rahmani, Y., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2022). Pengembangan alat peraga eksperimen fisika dasar 1 pada materi viskositas fluida. Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 128-137.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Published

2024-07-08

Versions

How to Cite

Sapitri, W., Hadiati, S., & Assegaf, S. L. H. (2024). Pengembangan Alat Peraga Viskometer Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno pada Materi Fluida Kelas XI SMA Negeri 1 Kuala Mandor B. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 6(2). https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i2.5345

Conference Proceedings Volume

Section

Articles