PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS SOFTWARE BLENDER PADA MATERI TATA SURYA UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Mike Evelina, Eti Sukadi, Soka Hadiati

Abstract


Pendidikan adalah sebuah sistem yang terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, atau pelatihan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa  sebelum diterapkan media pembelajaran video animasi 3D berbasis software blender pada materi tata surya untuk kelas VII SMP Negeri  1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkan video animasi 3D berbasis software blender pada materi tata surya untuk kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dan 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran video animasi 3D berbasis software blender pada materi tata surya untuk kelas VII SMP Negeri  1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu pre-experimental design. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kuburaya berjumlah 17 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan teknik pengukuran, sedangkan alat pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posstest yang terdiri dari 10 soal. Teknik analisis data untuk menjawab masalah pertama dan kedua digunakan rumus statistic deskriptif, Menjawab rumusan masalah ketiga menggunakan perhitungan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media video animasi 3D berbasis software blender pada materi tata surya untuk kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kuburaya. Memperoleh nilai rata-rata Pretest 48.82 dan posttest 74.12. dengan kategori “Baik” dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan atau perubahan.

Keywords


Media Pembelajaran, Vidio Animasi 3D, Software Blander, dan Tata Surya

Full Text:

PDF

References


Model Pembelajaran Intruction, Doing, dan Evaluating (Mpide) Disertai Resume dan Video Fenomena Alam Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Erviani, F. R., Sutarto, S., & Indrawati, I. s.l. : Jurnal peembelajaran fisika, 2017.

Kenapa Fisika Menjadi Momok. Hardienata. s.l. : Departemen Fisika IPB, 2007.

Dasar-Dasar Kependidikan. Hamdani, M.A. bandung: Pustaka Setia, 2016.

Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Komalasari, Kokom. Bandung: PT.reflika Aditama. 2013.

Psikologi Bellajar Dengan Pendekatan Baru. Syah.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2010.

Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Sanjaya,W. Bandung: Alfabeta. 2013.




DOI: https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i1.3822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mike Evelina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: jpsa.ikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats