PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS SOFTWARE BLENDER PADA MATERI TATA SURYA UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Mike Evelina
  • Eti Sukadi IKIP PGRI Pontianak
  • Soka Hadiati IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i1.3822

Keywords:

Media Pembelajaran, Vidio Animasi 3D, Software Blander, dan Tata Surya

Abstract

Pendidikan adalah sebuah sistem yang terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, atau pelatihan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa  sebelum diterapkan media pembelajaran video animasi 3D berbasis software blender pada materi tata surya untuk kelas VII SMP Negeri  1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkan video animasi 3D berbasis software blender pada materi tata surya untuk kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dan 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran video animasi 3D berbasis software blender pada materi tata surya untuk kelas VII SMP Negeri  1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu pre-experimental design. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kuburaya berjumlah 17 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan teknik pengukuran, sedangkan alat pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posstest yang terdiri dari 10 soal. Teknik analisis data untuk menjawab masalah pertama dan kedua digunakan rumus statistic deskriptif, Menjawab rumusan masalah ketiga menggunakan perhitungan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media video animasi 3D berbasis software blender pada materi tata surya untuk kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kuburaya. Memperoleh nilai rata-rata Pretest 48.82 dan posttest 74.12. dengan kategori “Baik†dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan atau perubahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Model Pembelajaran Intruction, Doing, dan Evaluating (Mpide) Disertai Resume dan Video Fenomena Alam Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Erviani, F. R., Sutarto, S., & Indrawati, I. s.l. : Jurnal peembelajaran fisika, 2017.

Kenapa Fisika Menjadi Momok. Hardienata. s.l. : Departemen Fisika IPB, 2007.

Dasar-Dasar Kependidikan. Hamdani, M.A. bandung: Pustaka Setia, 2016.

Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Komalasari, Kokom. Bandung: PT.reflika Aditama. 2013.

Psikologi Bellajar Dengan Pendekatan Baru. Syah.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2010.

Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Sanjaya,W. Bandung: Alfabeta. 2013.

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Evelina, M., Sukadi, E., & Hadiati, S. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS SOFTWARE BLENDER PADA MATERI TATA SURYA UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i1.3822