MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEREMEDIASI PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATAP MARAU
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.4072Keywords:
Remediasi, problem based learning, penguasaan konsep, getaran dan gelombangAbstract
Penelitian ini memilik tiga tujuan yaitu : 1) untuk mengetahui penguasaan konsep sebelum diterapkan remediasi dengan model pembelajaran problem based learning (pbl), 2) untuk mengetahui penguasaan konsep setelah diterapkan remediasi dengan model pembelajaran problem based learning (pbl), 3) untuk mengetahui besar peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan remediasi dengan model pembelajaran problem based learning (pbl). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah 24 orang kelas VIII tahun ajaran 2020-2021. Sampel dari penelitian yaitu 10 orang yang belum memenuhi KKM (60). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa penguasaan konsep sebelum remediasi dengan problem based learning (pbl) nilai hasil belajar kemampuan kognitif terendah yang diperoleh siswa adalah 10 dan nilai tertinggi adalah 45 dengan nilai rata-rata kelas adalah 24,5. Sedangkan penguasaan konsep setelah remediasi dengan problem based learning (pbl) nilai hasil belajar kemampuan kognitif terendah yang diperoleh siswa adalah 15 dan nilai tertinggi adalah 15 dengan nilai rata-rata kelas adalah 38. Berdasarkan analis data diperoleh gain sebesar 0,2, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meremediasi penguasaan konsep siswa pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 3 Satap Marau tergolong rendah.
Downloads
References
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktek. Jakrta: Rineka Cipta.
Kresnadi dan Kartono. (2007). Pengembangan Pembelajaran Ipa. Jakarta: Pjj S1 PGSD.
Sani, A.R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nisa (2019). Remediasi Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Model Pbl Untuk Mencapai Ketuntasan Aspek Kognitif Siswa Pada Materi Pokok Elastisitas Kelas X Sman 8 Surakarta. SKRIPSI. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Ambarwati, Friska (2015). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X SMAN 1 Ngemplak dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Suhu dan Kalor. SKRIPSI. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitafif Dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA
Hadiati, Soka, dkk. 2019. The Effect of Laboratory Work Style and Reasoning with Arduino to Improve Scientific Attitude. International Journal of Instruction.
Sanjaya, Wina. 2009. STRATEGI PEMBELAJARAN Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.