MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEREMEDIASI PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATAP MARAU

Authors

  • Ardi Fahruriyannur IKIP PGRI PONTIANAK
  • Soka Hadiati IKIP PGRI Pontianak
  • Boisandi Boisandi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.4072

Keywords:

Remediasi, problem based learning, penguasaan konsep, getaran dan gelombang

Abstract

Penelitian ini memilik tiga tujuan yaitu : 1) untuk mengetahui penguasaan konsep sebelum diterapkan remediasi dengan model pembelajaran problem based learning (pbl), 2) untuk mengetahui penguasaan konsep setelah diterapkan remediasi dengan model pembelajaran problem based learning (pbl), 3) untuk mengetahui besar peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan remediasi dengan model pembelajaran problem based learning (pbl). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah 24 orang kelas VIII tahun ajaran  2020-2021. Sampel dari penelitian yaitu 10 orang yang belum memenuhi KKM (60). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa penguasaan konsep sebelum remediasi dengan problem based learning (pbl) nilai hasil belajar kemampuan kognitif terendah yang diperoleh siswa adalah 10 dan nilai tertinggi adalah 45 dengan nilai rata-rata kelas adalah 24,5. Sedangkan penguasaan konsep setelah remediasi dengan problem based learning (pbl) nilai hasil belajar kemampuan kognitif terendah yang diperoleh siswa adalah 15 dan nilai tertinggi adalah 15 dengan nilai rata-rata kelas adalah 38. Berdasarkan analis data diperoleh gain sebesar 0,2, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meremediasi penguasaan konsep siswa pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 3 Satap Marau tergolong rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktek. Jakrta: Rineka Cipta.

Kresnadi dan Kartono. (2007). Pengembangan Pembelajaran Ipa. Jakarta: Pjj S1 PGSD.

Sani, A.R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nisa (2019). Remediasi Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Model Pbl Untuk Mencapai Ketuntasan Aspek Kognitif Siswa Pada Materi Pokok Elastisitas Kelas X Sman 8 Surakarta. SKRIPSI. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ambarwati, Friska (2015). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X SMAN 1 Ngemplak dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Suhu dan Kalor. SKRIPSI. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitafif Dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA

Hadiati, Soka, dkk. 2019. The Effect of Laboratory Work Style and Reasoning with Arduino to Improve Scientific Attitude. International Journal of Instruction.

Sanjaya, Wina. 2009. STRATEGI PEMBELAJARAN Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Fahruriyannur, A., Hadiati, S., & Boisandi, B. (2022). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEREMEDIASI PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SATAP MARAU. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 5(2), 72–75. https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.4072