PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI VIDEOSCRIBE PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 13 PONTIANAK

Authors

  • Novy Pradika Putri IKIP PGRI Pontianak
  • Soka Hadiati IKIP PGRI Pontianak
  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6257

Keywords:

Media Pembelajaran, Videoscribe, Getaran dan Gelombang

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi videoscribe pada materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan research and development (R&D) dengan model rancangan 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate) namun disederhanakan menjadi model 3D yaitu dengan tidak melakukan tahapan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini terdiri atas masing-masing tiga orang ahli media dan ahli materi sebagai subjek pengembangan atau validator serta peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 13 Pontianak yang beranggotakan 32 orang sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini berupa wawancara tidak teratur dan menggunakan angket. Teknik analisis data untu kelayakan media pembelajaran menggunakan persentase skor pada angket penilaian dari aspek media dan materi serta respon peserta didik.  Berdasarkan hasil validasi uji kelayakan oleh ahli media memperoleh persentase skor rata-rata 91,3 % dengan kategori Sangat Layak (SL) dan berdasarkan hasil validasi uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh persentase skor rata-rata 89,3 % dengan kategori Sangat Layak (SL). Sedangkan untuk hasil respon peserta didik diperoleh persentase skor rata-rata skor 93,2 % dengan kategori Sangat Setuju (SS). Maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi videoscribe sangat cocok digunakan khususnya pada materi BAB XI getaran dan gelombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., & Hidayat, B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Pada Materi Sejarah Kerajaan Islam di Sumatra dan Akulturasinya Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro. SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya, 189-200.

Astriani, A., Hadiati, S., & Sari, I. N. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Discovery Learning pada Praktikum IPA Materi Listrik Dinamis di Kelas IX. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 51-58.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 250-262.

Badariah, S., Hairida, H., & Tahmid, T. (2021). Pengembangan Media PembelajaranVideoscribe dalam Pembelajaran Tematikdi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-9.

Detasari, A. T. (2022). Pengembangan Alat Ukur Suhu Berbasis Mikrokontroler Arduino Nano Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Sepauk. Pontianak: Perpustakaan IKIP PGRI Pontianak.

Govin, G., & Dwi, D. F. (2023). Pengembangan Media Videoscribe dengan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Perkembangan Teknologi Kelas III SD. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 717-730.

Indriyani, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Videoscribe pada Materi Program Linier Metode Simpleks. UIN Raden Intan Lampung.

Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 50-58.

Listiani, I. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparcol VVideoscribe pada Materi Pokok Archaebacteria dan Eubacteria untuk Siswa KelasX SMA/MA. UIN Sunan Kalijaga.

Mardani, S. (2022). Penggunaan Media Visual Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatan Hasil Belajar PAI dan BP Peserta Didik SDN No 2 Kampung Baru Kabupaten Majene. Parepare: IAIN Parepare.

Ningsih, B. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran (Sparkol Video Scribe) Berorientasi Pendidikan Karakter pada Materi Garis, Sudut dan Bangun Datar. Bengkulu: UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Putri, N. P., Hadiati, S., & Sari, I. N. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI VIDEOSCRIBE PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 13 PONTIANAK. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6257