PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PRAKTIKUM IPA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS IX
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.4234Keywords:
Modul Elektronik, Discovery Learning, Praktikum IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik dan respon peserta didik  terhadap penggunaan modul elektronik berbasis discovery learning pada praktikum IPA materi listrik dinamis di kelas IX SMPN 2 Sangai Ambawang. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian menggunakan model rancangan ADDIE, yang dimodifikasi yaitu (1) Analysis, (2) Design, dan (3) Development. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas subjek pengembangan yaitu tiga validator. Subjek ujicoba produk yaitu peserta didik  kelas IX C SMPN 2 Sungai Ambawang. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data untuk kelayakan modul elektronik menggunakan skor penilaian dari aspek media dan aspek materi. Jenis analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, data dianalisis secara statistik deskriptif. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh rata-rata skor yaitu 77% dengan kriteria layak, validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor 80% dengan kriteria layak, dan hasil respon peserta didik  diperoleh rata-rata skor 81% dengan kriteria respon sangat baik.
Downloads
References
Asmiyunda., Guspatni., & Fajriah, A. (2018). Pengembangan E-Modul Keseimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Vol 2. No 2. November 2018. hal 155-161. ISSN: 2614-1221.
Bakri, F., Permana, A. H., & Siahaan, B. Z. (2016). Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran Fisika SMA. Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya. 19 November 2016. hal 227-235. ISSN: 2477-0477.
Branch, R. B. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Dinata, A. A., & Zainul, R. (2020). Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 2. No 1. 06 Februari 2020. hal 6-11. ISSN: 2502-6399.
Febrianti, K. V., Bakri, F., & Nasbey, H. (2017). Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol 2. No 2. September 2017. hal 18-26. ISSN: 2338-1027.
Maisul, H. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Menggunakan Software Exe-Learning pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X Di SMA/MA. IAIN Batusangkar.
Rahim, A., Jufrida., & Susanti, N. 2017. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Discovery Lerning Menggunakan 3D PageFlip Professional pada Materi Gerak Lurus untuk Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 2. No 1. 2017. hal 1-11.
Saputri, I., Jufrida., & Pathoni, H. 2017. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D PageFlip Professional pada Materi Radioaktivitas dan Reaksi Nuklir Mata Kuliah Fisika Atom dan Inti. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 2. No 1. 13 September 2017. hal 1-12 ISSN: 2548-6225.
Sari, W., Jufrida., & Pathoni, H. 2017. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D PageFlip Professional pada Materi Konsep Dasar Fisika Inti dan Struktur Inti Mata Kuliah Fisika Atom dan Inti. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 2. No 1. Juni 2017. hal 38-50. ISSN: 2548-6225.
Sri, M., Marjoni, I., & Eza, R. P. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Konstruktivisme Untuk Kelas X SMA. Journal of Teaching and Learning Physics. Vol 5. No 1. 2020. hal 1-18. ISSN: 2528-5505.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. 1; Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Tomi Hidayat, Ira Nofita Sari, Korelasi Kemampuan Matematis dengan Hasil Belajar pada Materi Suhu di Kelas X SMA Negeri 1 Jawai Selatan , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Linda Oktavia, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KALOR DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Ade Tri Detasari, Kim Bely, Ira Nofita Sari, Analisis kultur sekolah di Kota Pontianak , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Astuti Astuti, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari, Optimalisasi Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan Kelas X SMA Negeri 1 Salatiga , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Mira Batil, Ira Nofita Sari, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studnt Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Mike Evelina, Eti Sukadi, Soka Hadiati, PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS SOFTWARE BLENDER PADA MATERI TATA SURYA UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Sarah Ashari, Diana Diana, Okta Triana, Ira Nofita Sari, ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KOMPUTER DI KALIMANTAN BARAT , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Selvanus Yudi Prayogo, Anita Anita, Ira Nofita Sari, Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Mengenalkan Alat-Alat Optik , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Kalista Rossisca, Joko Suranto, Ira Nofita Sari, Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Kalor di Kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Gresi Novita Sari, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari, Remediasi hasil belajar fisika dengan media power point pada materi hukum newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)