REPRESENTASI NILAI KESETIAAN DALAM NOVEL NEGERI DI UJUNG TANDUK KARYA TERE LIYE

Authors

  • Saptiana Sulastri IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kesetiaan dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye berupa (1) kesetiaan terhadap peraturan dan kewajiban. (2) kesetiaan terhadap keteguhan hati, (3) kesetiaan terhadap pendirian/janji. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif, dengan bentuk kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumenter dengan cara mengumpulkan data yang dilakukan dengan mengklasifikasikan bahan-bahan tertulis yang berhubungan dengan masalah penelitian sesuai dengan fokus masalah. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian isi. Berdasarkan fokus masalah dan tujuan dari penelitian, maka hasil analisis dari penelitian ini sebagai berikut. (1) kesetiaan terhadap peraturan dan kewajiban. (2) kesetiaan terhadap keteguhan hati, (3) kesetiaan terhadap pendirian/janji.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Syahrizal dkk. (2013). Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra No.1 Pp 54-68.

Budiyono, Kabul. (2007). Nilai-nilai Kepribadian dan Kejuangan Bangsa Indonesia. Cetakan Perdana. Bandung: Alfabeta

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Teuuw. A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Santosa, Wijaya Heru & Sri Wahyuningtyas, dkk. (2011). Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Semi, A. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Sulastri, S. (2019). REPRESENTASI NILAI KESETIAAN DALAM NOVEL NEGERI DI UJUNG TANDUK KARYA TERE LIYE. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 269–280. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1431