PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH

Hariyadi Hariyadi, Al Ashadi Alimin, Eti Ramaniyar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap keterampilan menulis artikel ilmiah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Data dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan uji T untuk melihat seberapa besar pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukan rata-rata keterampilan mahasiswa menulis artikel ilmiah sebelum diterapkan metode brainstorming yaitu sebesar 70,77 dengan kategori Baik. Hasil rata-rata keterampilan menulis artikel ilmiah sesudah diterapkan metode brainstorming yaitu sebesar 78,83 dengan kategori Baik. Adapun diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolah dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara keterampilan menulis artikel ilmiah mahasiswa sebelum dan sesudah diterapkan Metode pembelajaran brainstorming

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Chaniago, S. H. (2014). Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Ghufron, S. (2014). Artikel Ilmiah: Anatomi, Bahasa, dan Kesalahannya. EDU-KATA, 1(1), 1-10.

Jaedun, A. (2011). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah. In Disampaikan Pada Kegiatan Seminar Karya Tulis Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas di SMK Negeri (Vol. 1).

Resmini, N. (2003). Penggunaan Bahasa dalam Artikel Ilmiah. Makalah Lokakarya Lomba Karya Tulis Mahasiswa dan Program Kreativitas Mahasiswa Tingkat FPBS UPI, 10.

Roestiyah N.K. (2008). Strategi Belajar Mengajar . Cet. VII. Jakarta : Rineka Cipta.

Persadha, D. A. K. (2016). Studi Kompetensi Kemampuan Menulis di Kalangan Mahasiswa. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(1), 1-20.

Sani, Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Santoso, H., & Sos, S. (2015). Pengembangan berpikir kritis dan kreatif pustakawan dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Univeritas Negeri Malang. hlm, 1-17.

Simanjuntak, D. S. R., & Mubarak, Z. H. (2018). Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Brainstorming. Khazanah Ilmu Berazam, 1(2 SEPT), 94-101.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surat Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012 : Tentang Wajib Publikasi Ilmiah Bagi S1, S2, dan S3

SK Rektor IKIP PGRI Pontianak No: L.202.193./REK/2015 tentang Pemberlakuan Kurikulum KKNI Tahun Akademik 2015/2016




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

< /a>

VISITORS STAT:

View Stats



Maps:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Diterbitkan oleh:

IKIP PGRI Pontianak

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Rektorat Lt. 3, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116

View Stats