Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Viii Smp 31 Bulukumba melalui Teknik Pembelajaran Debat

Authors

  • Nursalam Nursalam IAIN AMBON
  • Israwati Amir IAIN AMBON

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i2.2718

Keywords:

keterampilan, berbicara, penelitian eksperimen, debat

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Prosedur penelitian ini ada tiga meliputi, pretest, treatment, dan posttest. Sampel penelitian ini SMP Negeri 31 Bulukumba kelas VIIIa yang berjumlah 37 orang. Instrumen pengumpulan data yakni pretest dan posttest. Variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas (independent variable) dan variabel terikat (dependent variable). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap pretest  belum mencapai ketuntasan belajar karena nilai yang diperoleh siswa belum mencapai kriteria yang ditetapkan, yaitu hanya 64,9% atau sebanyak 24 siswa yang memperoleh nilai 75 keatas. Hal tersebut disebabkan teknik debat belum diterapkan dalam pembelajaran. Berbeda ketika teknik debat sudah diterapkan dalam pembelajaran, hasil posttest dinilai tinggi dan telah mencapai ketuntasan belajar sesuai kriteria yang ditetapkan, yaitu mencapai 89,2% atau sebanyak 33 siswa yang mendapatkan nilai 75 keatas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-03

How to Cite

Nursalam, N., & Amir, I. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Viii Smp 31 Bulukumba melalui Teknik Pembelajaran Debat. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 125–140. https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i2.2718