Miskonsepsi Guru pada Pemahaman Materi Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Kalimat
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i2.2739Keywords:
kalimat, materi Bahasa Indonesian, miskonsepsi guruAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi guru pada pemahaman materi Bahasa Indonesia pokok bahasan kalimat. Pembelajaran Bahasa Indonesia terkadang memunculkan miskonsepsi pada pokok bahasan yang ada dalam materi ajar. Miskonsepsi tersebut dapat terjadi pada guru maupun peserta didik. Guru perlu melakukan pendalaman materi atau pemahaman materi sebelum melakukan proses pembealajaran dengan peserta didik. Guru kurang tepat menyampaikan materi, maka peserta didik akan menerima materi yang kurang sesuai dengan pemahaman yang ada dalam konsep materi. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan kalimat masih juga guru mengalami miskonsepsi. Pemahaman guru yang beragam, kurangnya pemahaman kalimat berdasarkan teori kebahasaan atau linguistik yaitu kajian Sintaksis, dan kurang tajam dalam analisi dapat mengakibatkan miskonsepsi materi yang akan diajarkan ke peserta didik. Penelitian ini merupakan bagian dari peneltian R&D dalam rangka analisis kebutuhan awal guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Sintaksis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam analiss datanya. Sumber data peneltiian ini adalah guru Bahasa Indonesia SMA Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat miskonsepsi guru pada pemahaman materi Bahasa Indonesia pokok bahasan kalimat yang meliputi miskonsepsi struktur kalimat dan kalimat efektif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.