Analisis Kesulitan Membaca Teks Bahasa Inggris pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika

Desi Sri Astuti, Dian Shinta Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan dan factor-faktor yang mempengaruhi pemahaman membaca mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif untuk menggambarkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa. Sebanyak 28 Mahasiswa diambil sebagai sampel untuk mengerjakan tes pilihan ganda untuk mengetahui sejauh mana pemahanan membaca dan angket untuk mengetahui faktor kesulitan pemahaman membaca. Peneliti menemukan bahwa kesulitan paling banyak dihadapi mahasiswa adalah dalam menentukan main idea, making inference dan detai information. Kemudian fakor kesulitan dalam memahami mambaca yang paling dominan adalah faktor psikologi.


Keywords


kesulitan membaca;pemahaman; teks bahasa Inggris

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i2.3270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Desi Sri Astuti, Dian Shinta Sari



Map:

ISSN 2089-2810 (print)

ISSN 2407-151X (online)

 

Publisher:

Lembaga Penelitian (LEMLIT) IKIP PGRI Pontianak

Jalan Ampera No. 88, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia

Postal Code 78116

Email: bahasa.ikippgriptk@gmail.com

View Stats

Jurnal Pendidikan Pendidikan Bahasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License