PROFIL MODALITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

Authors

  • Titin Titin Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1039

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil modalitas belajar mahasiswa Pendidikan Biologi. Adanya informasi mengenai modalitas belajar mahasiswa akan mempengaruhi apa yang harus dilakukan dosen sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif.  Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi FKIP Universitas Tanjungpura berjumlah 95 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner modalitas belajar dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa kelas A didominasi modalitas belajar visual sebesar 61,76 %., kelas B didominasi modalitas belajar visual sebesar 96,55 % dan kelas PPAPK didominasi modalitas belajar visual sebesar 93,75 %. Secara keseluruhan modalitas belajar mahasiswa pendidikan biologi didominasi oleh modalitas belajar visual sebesar 83,16 %.

Kata Kunci: modalitas belajar, mahasiswa, pendidikan biologi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bire, dkk. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik Terhadap Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. Volume 44 (2): 168-174.

Hasrul. 2009. Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal MEDTEK. Volume 1 Nomor (2)

Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sari, Ariesta Kartika. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic, Volume 1 (1): 1-12.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif – Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Titin, T. (2018). PROFIL MODALITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 7(2), 167–175. https://doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1039