KEUNGGULANLEARNING MANAGEMENT SYSTEM EDMODO BERBASIS SMARTPHONETERHADAP KOMPUTER PADA HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Sonalita Wiguna Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
  • Subiyanto Subiyanto Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1040

Abstract

Artikel ini bertujuan mengetahui kefektivan edmodo bagi siswa yang menggunakan komputer, dan smartphone terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini membandingkan dua kelompok: (a) komputer, diajarkan menggunakan Edmodo diakses oleh komputer, dan (b) smartphone, diajarkan menggunakan aplikasi Edmodo di smartphone. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi siswa kelas X, XI, XII SMK di Kota Semarang yang menerapkan Kurikulum 2013. Sampel sebanyak tiga sekolah yang ditentukan menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan memilih teknik sampling purposive. Sekolah yang dijadikan sampel  yakni SMK Negeri 2 Semarang, SMK Negeri 10 Semarang, dan SMK Negeri 5 Semarang. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif untuk menghitung nilai tertinggi, nilai terendah, standar deviasi, dan rerata n-gain, serta uji-t sample independent untuk menguji hipotesis terhadap hipotesisnol (Ho). Hasil penelitian menunjukkan kelompok smartphone memiliki perolehan skor lebih tinggi daripadakelompok komputer.

 

Kata Kunci: e-learnig, edmodo, mobile learning, computer learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana Teodorescu. (2014). Mobile learning and its impact on business English learning. The 6th International Conference Edu World 2014 Education Facing Contemporary World Issues. Procedia Social and Behavioral Sciences. 1535-1540.

Cherner, T., Lee, C-Y., Fegely, A., & Santaniello, L. (2016). A Detailed Rubric for Assessing the Quality of Teacher Resource Apps. Journal of Information Technology Education: Innovations in Practice. Vol. 15, Hal. 117-143.

Clark, R.C. & Mayer, R.E. (2008). E-Learning and The Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning, Second Edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Hake, Richard R., “Analyzing Change/Gain Scores†dalam www.physycs.indiana.edu/~sdi/AnalysingChange-Gain.pdf.

Khaleel M. Al-Said. (2015). Students' Perceptions of Edmodo and Mobile Learning and their Real Barriers towards them. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 14, No. 2, Hlm. 167-180.

Kosasi, S. (2015). Perancangan E-learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Senapati), Singaraja, Bali, 12 September 2015. Hal. 82-88.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Normazidah Che Musa, Koo Yew Lie, Hazita Azman. (2012). Exploring English languange learning and teaching in Malaysia. UKM Journal. Vol. 12, No. 1, Hal. 35-51.

Parmanthara, S. (2014). Komputer Dalam Pembelajaran (1st Ed). Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada

Said, H., Kirgis, L., Verkamp, B., & Johnson, L. (2015). Online vs. Face-to-Face Delivery of Information Technology Courses: Students’ Assessment. Journal of Information Technology Education: Research. Vol. 14, No. 1, Hal. 297-312.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Stavros A. Nikou & Anastasios A. Economides. (2015). The impact of paper-based, computer-based and mobile-based selfassessment on students' science motivation and achievement. Computers in Human Behavior. Hal. 1-8.

Wijaya, Indra & Arsyah, Rahmatul Husna. (2015). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 9 Padang. Majalah Ilmiah UPI YPTK, Vol. 22, No. 1, Hal. 21-33.

Wong Seng Yue, Wee Jing Tee, Mohamad Al-Azhar Bin Jasman. (2015). 2D Side-Scrolling Game: Applying Motivation and Digital Game-Based Learning (DGBL) in English Learning. Taylor’s 7th Teaching and Learning Conference 2014 Proceedings: 349-358.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Wiguna, S., & Subiyanto, S. (2018). KEUNGGULANLEARNING MANAGEMENT SYSTEM EDMODO BERBASIS SMARTPHONETERHADAP KOMPUTER PADA HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 7(2), 176–186. https://doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1040