ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA SDN NO.05 SURUH TEMBAWANG (PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA)
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1044Abstract
Proses pertukaran mata uang antara rupiah dan ringgit menurut pengamatan peneliti adalah suatu masalah yang harus diperhatikan dan cukup serius, karena sering terjadinya kerugian masyarakat atas jual beli yang terjadi. Kurang mahirnya masyarakat di dalam penguasaan konsep pemecahan masalah matematika pada aritmatika sosial membuat kejadian ini sangat rentan akan terjadi. Terlebih anak-anak yang ikut serta melakukan perdagangan. Untuk itu peneliti melakukan penelitian di desa Suruh Tembawang dengan tujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III di SDN No.05 Suruh Tembawang. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian survei dengan jenis penelitian survei catatan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN No.05 Suruh Tembawang. Tes kemampuan pada penelitian ini menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial yang berisi 25 soal aritmatika sosial. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari keempat tahapan kemampuan pemecahan masalah menurut teori Polya, terdapat dua tahap yang muncul didalam pemecahan masalah yang dilakukannya. Tahapan tersebut adalah tahap memahami dan tahap melaksanakan rancangan solusi dari masalah yang disajikan, dengan demikian kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial pada siswa SDN No.05 Suruh Tembawang adalah sebesar 50%.
Â
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial.
Downloads
References
Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Teori Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfa Beta.
Fatimah, F. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.
Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama.
Maftuh, M.Sukron. 2018. “Profil Siswa SMA dalam Memecahkan Maslah Statistika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika†dalam jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Tahun ke 4 No.01, Juni 2018 (Terakreditasi). Jakarta: Universitas Muhammadiah Jakarta.
Roebyanto, G., dan Harmini, S. 2017. Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.