TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI IFRS RSUD dr. SOEDARSO PONTIANAK BERDASARKAN WAKTU PENYELESAIAN RESEP
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1064Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dimensi pelayanan apa yang memiliki nilai Indeks Tingkat Kepuasan Pasien (ITKP) tertinggi berdasarkan pelayanan resep dan mengukur berapa lama waktu tunggu penyelesaian resep pasien di IFRS Umum Daerah dr. Soedarso Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan subyek penelitian 110 responden (pasien BPJS) yang ditentukan secara non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner. Tiap responden diberikan kuisioner tingkat kepuasan berdasarkan waktu penyelesaian resep yang dihitung mulai dari pasien menyerahkan resep sampai menerima obat. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata total ITKP -0,29 artinya pasien belum puas dengan pelayanan resep yang diberikan oleh IFRS. Dimensi pelayanan dengan nilai ITKP tertinggi yaitu dimensi jaminan (ITKP -0,22). Rata-rata lama waktu tunggu penyelesaian resep di IFRS tersebut untuk resep racikan 60,32 menit dan resep non racikan 33,24 menit. Kesimpulan dari penelitian ini adalah responden belum puas terhadap pelayanan resep di IFRS RSUD dr. Soedarso Pontianak dilihat dari nilai ITKP negatif dan lamanya waktu tunggu penyelesaian resep obat racikan dan non racikan.
Â
Kata Kunci: pasien BPJS, IFRS, ITKP, waktu tunggu penyelesaian resep
Downloads
References
Baroroh, F. (2014). Evaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Yogyakarta. J Pharmacy. 4(2): 135 – 141.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 / MENKES / SK / X / 2008. Tentang Standar Pelayanan Minimal Farmasi di Rumah Sakit. Jakarta.
Hayaza, Y.T. (2013). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat Di Puskesmas Surabaya Utara. J Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2(2): 1-3.
Maftuhah, A. & Susilo, R. (2016). Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Depo Farmasi RSUD Gunung Jati Kota Cirebon. Akademi Farmasi Muhammadiyah Cirebon.
Notoatmodjo. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nurjanah, I., Maramis F.R.R., & Engkeng, S. (2016). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep Dengan Kepuasan Pasien Di Apotek Pelengkap Kimia Farma BLU Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi Universitas Sam Ratulangi. 5(1).
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014. Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Jakarta.
Priyatno D. (2010). Paham analisis statistik data dengan SPSS. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Mediakom.
Purwonugroho T.A., Utami, V.V.F.R., & Nuryanti. (2015). Pengembangan Instrumen Pengukuran Kepuasan Pasien atas Layanan Pharmaceutial Care. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia. 13(1): 50 – 55.
Siregar & Amalia. (2003). Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapannya. Jakarta: EGC.
Sumaryanti. (2000). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Oleh Masyarakat di Puskesmas Di Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. J Media Medika Muda. 131: 50 – 58.
Winanto, A. (2013). Persepsi konsumen terhadap pelayanan apotek di kota Ranai kecamatan Bunguran Timur kabupaten Natuna. Skripsi. Pontianak: Fakultas Kedokteran UNTAN.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.