REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA DALAM MATERI CERMIN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DI KELAS VIII MTs AL ANWAR PONTIANAK

Authors

  • Endah Atitya IKIP PGRI Pontianak
  • Muhamad Firdaus IKIP PGRI Pontianak
  • Wahyudi Wahyudi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1069

Keywords:

remediasi, miskonsepsi, animasi, konsep cermin.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggali miskonsepsi siswa dan melakukan remediasi miskonsepsi siswa dalam materi cermin menggunakan media animasi pada siswa MTs Al Anwar Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-ekperimental design dengan rancangan One Group Pre-test-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dengan instrumen berupa tes diagnostik tiga tingkat. Hasil Analisis data pada tes diagnostik menunjukkan bahwa seluruh siswa mengalami miskonsepsi pada materi cermin. Miskonsepsi sifat bayangan pada cermin datar merupakan miskonsepsi yang paling besar dialami siswa yaitu 64,71%, selain itu siswa juga mengalami miskonsepsi sebesar 58,82% pada konsep aplikasi cermin datar. Setelah diberikan remediasi terjadi penurunan yang signifikan pada jumlah miskonsepsi siswa dalam materi cermin. Hasil perhitungan rata-rata penurunan pada jumlah miskonsepsi tiap siswa maupun tiap konsep menurut harga proporsi yaitu 0,59 dan 0,61 tergolong sedang, sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media animasi cukup efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa dalam materi cermin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiansyah, D. S & Setyarsih, W. (2015). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa dengan Three-tier Diagnostic Test pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04 (03), 67-70.

Anon., Djudin. T., & Mursyid, S. B. (2016). Remediasi Miskonsepsi pada Perpindahan Kalor Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Animasi di MAN 2 Filial Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (12), 1-14.

Berg, V., D. (1991). Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Capriani, I. (2016). Analisis Konsepsi Siswa pada Konsep Cermin Ditinjau dari Gender Kelas VIII Mts Al Anwar Pontianak. Skripsi IKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ika, C. (2014). Makalah Media Audio Visual dan Animasi. (Online, tersedia di ikacahya94.blogspot.co.id/2014/01/makalah-media-audio-visual-dan-animasi, diakses Tanggal 17 April 2017)

Lioni., Sutrisno, L., & Hamdani. (2014). Remediasi Miskonsepsi Siswa Tentang Kecepatan Menggunakan Keterampilan Bertanya Berbantuan Media Animasi di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (7), 1-9.

Nurhayati. 2012. Penyediaan Booklet untuk Meremediasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Gerak Parabola di Kelas XI SMA Negeri 7 Pontianak. Jurnal edukasi, Vol. 8, No.2, pp192-200.

Rusman., Kurniawan, D., Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Selina, S. A., Tandililing, E., & Mursyid, S. Remediasi Miskonsepsi Materi Pematulan Cahaya Menggunakan Simulasi Flash pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (2).

Sri, Titin Ratama. (2013). Remediasi Miskonsepsi Konsep gerak Lurus Menggunkan Pendekatan Konflik Kognitif. Skripsi pada UIN SUNAN KALIJAGA Yogyakarta. (Online, tersedia di http://digilib.uin-suka.ac.id, diakses tanggal10 Februari 2017).

Suparno, Paul. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Gramedia.

Sutrisno, L., Kresnadi, H., & Kartono. (2007). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Pontianak: LPJJ PGSD.

Wahyudi. (2012). Implementasi Program Remediasi Pada Materi Fisika Di SMP Negeri 08 Pontianak: Jurnal Edukasi, 8 (2), 172-179.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Atitya, E., Firdaus, M., & Wahyudi, W. (2018). REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA DALAM MATERI CERMIN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DI KELAS VIII MTs AL ANWAR PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 7(2), 255–270. https://doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1069