REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA DALAM MATERI CERMIN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DI KELAS VIII MTs AL ANWAR PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1069Keywords:
remediasi, miskonsepsi, animasi, konsep cermin.Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggali miskonsepsi siswa dan melakukan remediasi miskonsepsi siswa dalam materi cermin menggunakan media animasi pada siswa MTs Al Anwar Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-ekperimental design dengan rancangan One Group Pre-test-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dengan instrumen berupa tes diagnostik tiga tingkat. Hasil Analisis data pada tes diagnostik menunjukkan bahwa seluruh siswa mengalami miskonsepsi pada materi cermin. Miskonsepsi sifat bayangan pada cermin datar merupakan miskonsepsi yang paling besar dialami siswa yaitu 64,71%, selain itu siswa juga mengalami miskonsepsi sebesar 58,82% pada konsep aplikasi cermin datar. Setelah diberikan remediasi terjadi penurunan yang signifikan pada jumlah miskonsepsi siswa dalam materi cermin. Hasil perhitungan rata-rata penurunan pada jumlah miskonsepsi tiap siswa maupun tiap konsep menurut harga proporsi yaitu 0,59 dan 0,61 tergolong sedang, sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media animasi cukup efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa dalam materi cermin.
Downloads
References
Adiansyah, D. S & Setyarsih, W. (2015). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa dengan Three-tier Diagnostic Test pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04 (03), 67-70.
Anon., Djudin. T., & Mursyid, S. B. (2016). Remediasi Miskonsepsi pada Perpindahan Kalor Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Animasi di MAN 2 Filial Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (12), 1-14.
Berg, V., D. (1991). Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Capriani, I. (2016). Analisis Konsepsi Siswa pada Konsep Cermin Ditinjau dari Gender Kelas VIII Mts Al Anwar Pontianak. Skripsi IKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ika, C. (2014). Makalah Media Audio Visual dan Animasi. (Online, tersedia di ikacahya94.blogspot.co.id/2014/01/makalah-media-audio-visual-dan-animasi, diakses Tanggal 17 April 2017)
Lioni., Sutrisno, L., & Hamdani. (2014). Remediasi Miskonsepsi Siswa Tentang Kecepatan Menggunakan Keterampilan Bertanya Berbantuan Media Animasi di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (7), 1-9.
Nurhayati. 2012. Penyediaan Booklet untuk Meremediasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Gerak Parabola di Kelas XI SMA Negeri 7 Pontianak. Jurnal edukasi, Vol. 8, No.2, pp192-200.
Rusman., Kurniawan, D., Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Selina, S. A., Tandililing, E., & Mursyid, S. Remediasi Miskonsepsi Materi Pematulan Cahaya Menggunakan Simulasi Flash pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (2).
Sri, Titin Ratama. (2013). Remediasi Miskonsepsi Konsep gerak Lurus Menggunkan Pendekatan Konflik Kognitif. Skripsi pada UIN SUNAN KALIJAGA Yogyakarta. (Online, tersedia di http://digilib.uin-suka.ac.id, diakses tanggal10 Februari 2017).
Suparno, Paul. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Gramedia.
Sutrisno, L., Kresnadi, H., & Kartono. (2007). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Pontianak: LPJJ PGSD.
Wahyudi. (2012). Implementasi Program Remediasi Pada Materi Fisika Di SMP Negeri 08 Pontianak: Jurnal Edukasi, 8 (2), 172-179.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.