ANALISIS PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP MORAL KNOWING TENTANG NARKOTIKA PADA SISWA MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Ika Chastanti STKIP Labuhan Batu
  • Indra Kumalasari Munthe STKIP Labuhan Batu

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1104

Abstract

Perkembangan internet membuat internet dapat diakses dimana saja dan semua kalangan usia. Pengguna internet tertinggi adalah kalangan siswa berdasarkan hasil penelitian. Siswa menggunakan internet dengan berbagai alasan seperti untuk mengakses media social, belajar, game online, hiburan, dan online shop. Internet saat ini memegang peranan penting dan strategis dalam menyampaikan bahaya penyalahgunaan narkotika kepada masyarakat, khususnya generasi muda yang rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Pendidikan karakter merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memberikan perubahan yang besar dalam dunia pendidikan Penelitian ini deskriptif kualitatif dengan melakukan In-depth interview dan kuesioner kepada siswa dan guru. Hasil menunjukkan bahwa alasan penggunaan internet yang dilakukan siswa adalah untuk mengakses media social (54%), dan moral knowing siswa tentang narkotika tergolong rendah karena siswa belum memahami tentang narkotika dan  guru tidak berperan aktif untuk membantu siswa dalam memahami narkotika dengan menggunakan fasilitas internet.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ika Chastanti, STKIP Labuhan Batu

Pendidikan Biologi

Indra Kumalasari Munthe, STKIP Labuhan Batu

Ilmu Hukum

References

Anonim. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Cahyo, D. E. 2017. Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. Eduhuamaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 9 (1): 14 – 26.

Carolyn A. Lin, David J. Atkin. 2007. Communication Technology and Social Change: Theory and Implications. Lawrence Erlbaum Associates

Hastjarjo, Sri. 2011. New Media Teori dan Aplikasi. Surakarta: Lindu Pustaka

Lenhart, A., Purcell, K., Smith, A., & Zickuhr, K. 201. Social Media and Young Adults. Dipetik Oktober 18 Januari 2019 dari ttp://www.pewinternet.org/2010/02/03/socialmedia- and-young-adults/

Marviana. 2000. Narkoba dan Remaja. Jakarta: Gramedia

Noviandari, L. 2015, Agustus 18). Statistik Pengguna Internet dan Media Sosial Terbaru 2015. Dipetik 18 Januari 2019 dari techinasia: https://id.techinasia.com/

Shelyanita. A.S., Aini. N.R. 2016. Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information System Engineering and Business Intelligences. 2(1): pp. 17-22.

Siregar, Ashadi. 2004. Peranan Strategis Media Massa dalam Pembangunan Jatidiri Bangsa: Antara Cita dan Realita. Jakarta: Forum Diskusi Kebudayaan Bappenas

Suharko, 2006. Gerakan Sosial: Konsep, Strategi, Aktor, Hambatan dan Tantangan Gerakan Sosial di Indonesia. Jakarta: Averroes Press

Turban, E., Rainer, R. K., & Potter, R. E. 2005. Introduction to Information Technology. New Jersey: John Wiley & Sons.

Zubaedi (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2019-07-17

How to Cite

Chastanti, I., & Munthe, I. K. (2019). ANALISIS PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP MORAL KNOWING TENTANG NARKOTIKA PADA SISWA MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1104