PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATERI PEMBUATAN DATABASE DAN TABEL MENGGUNAKAN SQL

Authors

  • Vindo Feladi Ferry Marlianto Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer IKIP-PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa sesudah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi pembuatan database dan tabel. Metode yang digunakan adalah eksperimen dan bentuk penelitiannya adalah pre-experimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar mahasiswa semester tiga sebelum menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi pembuatan database dan tabel adalah 63 dengan kriteria hasil belajar tergolong cukup dan rata-rata hasil belajar mahasiswa semester tiga sesudah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi pembuatan database dan tabel adalah 78 dengan kriteria hasil belajar tergolong baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa sesudah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi pembuatan database dan tabel.

 

Kata Kunci :  Quantum Teaching, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-25

How to Cite

Ferry Marlianto, V. F. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATERI PEMBUATAN DATABASE DAN TABEL MENGGUNAKAN SQL. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1). https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.12