Pengembangan media pembelalajaran interaktif berbasis adobe flash terhadap materi sistem pernapasan di SMA Negeri 1 Aekkuasan Kabupaten Asahan
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1228Keywords:
Learning Applications, Multimedia, Adobe Flash.Abstract
Media pembelajaran berbasis adobe flash dapat digunakan dalam setiap materi pembelajaran seperti pada sistem pernapasan, karena siswa dapat melihat langsung video serta gambar proses terjadinya pernapasan. Menstimulus siswa untuk menulis dengan adanya sajian animasi perkembangbiakan hewan, materi dan contoh soal. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia menggunakan software adobe flash. Produk yang telah selesai kemudian divalidasi oleh ahli media dan materi. Produk dengan kategori layak, selanjutnya diujicobakan kesiswa SMA Negeri 1 Aek Kuasan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian ini berupa multimedia adobe flash pada pokok bahasan sistem pernafasan pada manusia. Kualitas multimedia pada pokok bahasan sistem pernafasan pada manusia adalah sangat layak dengan persentase 96,4% oleh ahli materi, 100% oleh ahli multimedia. Sedangkan kelayakan diperoleh 100% oleh guru SMA dan tingkat kemenarikan 88,4% oleh siswa.
Downloads
References
Ariyus, D. (2009). Keamanan multimedia konsep dan aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bakri, H. (2011). Desain media pembelajaran animasi berbasis adobe flash CS3 pada mata kuliah instalasi listrik 2. Jurnal Medtek, 3(2), 3-4.
Dewantara, R. B., Jalmo, T., & Yolida, B. (2015). Pengembangan animasi flash dan soal interaktif berbasis powerpoint sistem pernapasan manusia. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(3).
Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 109-114.
Hanim, F., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif penginderaan jauh terhadap hasil belajar geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 752-757.
Herlinda, et.all. 2018. Pengaruh media animasi berbasis adobe flash terhadap hasil belajar pada materi plantae. Skripsi Universitas Tanjungpura Pontianak.
Kosasih, N., & Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta
Nurtantio, P., & Syarif, A. M. (2013). Kreasikan animasimu dengan Adobe Flash dalam membuat sistem multimedia interaktif. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.
Sudjana, N. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126-137.
Sugandi, M. K., & Rasyid, A. (2019). Pengembangan multimedia adobe flash pembelajaran biologi melalui project based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada konsep ekosistem. BIODIK, 5(3), 181-196.
Sunarto, H., & Hartono, A. (2008). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, S., Dewi, N. R., & Irsadi, A. (2013). Pengembangan multimedia interaktif dengan education game pada pembelajaran IPA terpadu tema cahaya untuk siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1), 230-238
Susilo, B., Satriya, D., Oktavianto, H., & Putra, I. (2010). Mahir pemrograman web dengan adobe FLEX. Penerbit Andi.
Yuliandari, S. (2014). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2), 1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.