Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android di SMA Negeri 3 Ngabang

Nyemas Wulandari

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Dari hasil validasi ahli media didapatkan persentase sebesar 87,42% dengan kriteria sangat baik, hasil validasi ahli materi didapatkan persentase sebesar 76,67%, dan hasil validasi ahli desain didapatkan persentase sebesar 80%. Hasil respon siswa uji coba didapat rata-rata uji coba kelompok one to one sebesar 85,83 % dengan kriteria  positif, uji coba kelompok sedang rata-rata sebesar 89,38% dengan kriteria positif, dan uji coba kelompok besar dengan rata-rata sebesar 95,21% dengan kriteria positif. Dari hasil validasi dan uji coba produk menunjukan bahwa media pembelajaran fisika berbasis android layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika.

 


Keywords


media pembelajaran; fisika; android

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., and Safruddin, A. J. C. (2009). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Astuti, I.A.D., Sumarni, R.A. and Saraswati, D.L., 2017. Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, [online] 3(1), p.57. Available at: [Accessed 27 Jun. 2020].

Dasilva, B.E., Ardiyati, T.K., Suparno, Sukardiyono, Eveline, E., Utami, T., & Ferty Z.N. (2019). Development of android-based interactive physics mobile learning media (IPMLM) with scaffolding learning approach to improve hots of high school students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 659-681. DOI: http://dx.doi.org/10.17478/jegys.610377

Hermawan, H. D., & Arifin, F. (2015, November). The development and analysis of quality of" Batik Detector" as a learning media for Indonesia Batik motifs Android based in Indonesian School of Singapore. In 2015 International Conference on Science and Technology (TICST) (pp. 281-287). IEEE.

Liliarti, N, and Kuswanto, H. (2018) Improving the competence of diagrammatic and argumentative representation in physics through android-based mobile learning application. International Journal of Instruction, 11(3), 106-122. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1138a.

Muyaroah, S. and Fajartia, M., 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, [online] 6(2), pp.22–26. Available at: [Accessed 27 Jun. 2020].

Pribadi, B. A. 2016. Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta. Rajawali Pers

Sulisworo, D. &Toifur, M. (2016) The role of mobile learning on the learning environment shifting at high school in Indonesia. int. J. Mobile Learning and Organisation, 10(3), 159-170.

Yektyastuti, R. and Ikhsan, J., 2016. Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, [online] 2(1), p.88. Available at: [Accessed 27 Jun. 2020].




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nyemas Wulandari

Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536


View Stats


Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License