Teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran Pontianak Heritage

Awanis Hidayati, Sarah Bibi

Abstract


Pontianak Heritage dipelajari oleh mahasiswa dalam mata kuliah Sejarah Kebudayaan Indonesia tentang mengenal sejarah daerah. Penggunaan media sangat penting untuk mendukung dan memfasilitasi proses pengajaran. Dengan berkembangnya teknologi, banyak cara untuk mengembangkan media pengajaran, salah satunya adalah dengan teknologi Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sebuah media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran sejarah Pontianak Heritage. Tahapan metode penelitian yaitu: (1) Concept, (2) Design, (3) Material Collecting, (4) Assembly, (5) Testing, dan (6) Distribution. Pada penelitian ini menggunakan Game Engine UNITY untuk membangun aplikasi berbasis Android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun dapat menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality, disertai dengan gambar marker bangunan sejarah yang apabila diarahkan ke aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D. Setelah diadakan pengujian kelayakan sistem menggunakan alpha testing dan beta testing, aplikasi dinyatakan dapat berjalan dengan benar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang diharapkan.

Keywords


augmented reality; media pembelajaran; Pontianak Heritage

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators and virtual environments, 4(6), 355-385.

Binanto, I. (2010). Multimedia-dasar teori dan pengembangannya. Andi.

Echols, J & Shadily, H. (2000). Kamus inggris indonesia an english indonesia dictionary. PT Gramedia

Kochhar. (2008). Pembelajaran sejarah; teaching of history. PT Grasindo.

Oktaviani, Y., Lusa, H., & Noperman, F. (2019). Pengaruh Augmented reality sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa mata pelajaran ipa sd kota bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 202-208.

Oxford English Dictionary. (2006). Little oxford english dictionary. Oxford University Press

Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54-68.

Putri, P. A. V. A., & Santoso, E. B. (2020). Potensi dan kelemahan kawasan cagar budaya sebagai destinasi wisata heritage di Kota Pontianak. Jurnal Penataan Ruang, 15(1), 14-22.

Susanti, E. D. (2019). Project based learning: pemanfaatan vlog dalam pembelajaran sejarah untuk generasi pro gadget. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13(1), 84-96.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1306

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Awanis Hidayati, Sarah Bibi

Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536


View Stats


Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License