Pengembangan model e-learning berbasis web pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi

Parlan Simanjuntak

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aksesbilitas pengguna e-learning, aktivitas pembelajaran e-learning, dan efektivitas model e-learning berbasis web pada pelajaran TIK. Penelitian ini menerapkan model e-learning menggunakan teknologi di kelas maupun diluar kelas yang berbasis web di SMP Abdi Agape Pontianak. Penelitian ini merupakan R &D model pengembangan ASSURE. Uji coba produk dilakukan dengan dua tahap yaitu: validasi ahli media dan uji coba pada pengguna (siswa). Instrumen penelitian menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data untuk validasi ahli media dan uji coba pengguna menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesbilitas pengguna, aktivitas pembelajaran e-learning, serta efektivitas pembelajaran membuat siswa lebih fleksibel melakukan pembelajaran dimana saja dan kapan saja. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli media dengan skor 4,30 kategori sangat baik dan aksesbilitas pengguna dengan skor 4,32 kategori sangat baik, aktivitas pembelajaran e-learningdengan skor 4,23 kategori sangat baik, serta efektivitas pembelajaran dengan skor 4,35 kategori sangat baik. Model e-learning berbasis web sangat membantu dalam aktivitas pembelajaran dan guru untuk menyelesaikan tugas.


Keywords


Pengembangan; Model E-learning; Web; TIK

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R., & Gall,M.D. (2003). Educational Research: An introduction (edisi ke-8). New York: Longman.

Dick, Walter & Carey, Lou. (1977). The Systematic design of Intrustion. Boston: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Dimyati, M. (2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadli, F. (2014). Model pembelajaran jejaring sosial pada pelajaran matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(2), 90-96.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Khaerunnisa. (2014). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan siswa memanfaatkan tik terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16 (1), 24-35.

Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar proses belajar. Bandung: Sinar Baru.

Pribadi, Benny. (2010). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Harjanto. (2000). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistiyarini, D. & Sabirin, F. (2018). Analisis perancangan sistem informasi administrasi program studi (siap) pendidikan teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 2 (1), 22-29.

Sukardjo. (2005). Evaluasi Pembelajaran. Diklat Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana UNY Program




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v9i2.1568

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Parlan Simanjuntak

Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536


View Stats


Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains is licensed under a
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.