Pengembangan model e-learning berbasis web pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi

Authors

  • Parlan Simanjuntak Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.1568

Keywords:

Pengembangan, Model E-learning, Web, TIK

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aksesbilitas pengguna e-learning, aktivitas pembelajaran e-learning, dan efektivitas model e-learning berbasis web pada pelajaran TIK. Penelitian ini menerapkan model e-learning menggunakan teknologi di kelas maupun diluar kelas yang berbasis web di SMP Abdi Agape Pontianak. Penelitian ini merupakan R &D model pengembangan ASSURE. Uji coba produk dilakukan dengan dua tahap yaitu: validasi ahli media dan uji coba pada pengguna (siswa). Instrumen penelitian menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data untuk validasi ahli media dan uji coba pengguna menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesbilitas pengguna, aktivitas pembelajaran e-learning, serta efektivitas pembelajaran membuat siswa lebih fleksibel melakukan pembelajaran dimana saja dan kapan saja. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli media dengan skor 4,30 kategori sangat baik dan aksesbilitas pengguna dengan skor 4,32 kategori sangat baik, aktivitas pembelajaran e-learningdengan skor 4,23 kategori sangat baik, serta efektivitas pembelajaran dengan skor 4,35 kategori sangat baik. Model e-learning berbasis web sangat membantu dalam aktivitas pembelajaran dan guru untuk menyelesaikan tugas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Parlan Simanjuntak, Universitas Tanjungpura

Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

References

Borg, W.R., & Gall,M.D. (2003). Educational Research: An introduction (edisi ke-8). New York: Longman.

Dick, Walter & Carey, Lou. (1977). The Systematic design of Intrustion. Boston: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Dimyati, M. (2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadli, F. (2014). Model pembelajaran jejaring sosial pada pelajaran matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(2), 90-96.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Khaerunnisa. (2014). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan siswa memanfaatkan tik terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16 (1), 24-35.

Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar proses belajar. Bandung: Sinar Baru.

Pribadi, Benny. (2010). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Harjanto. (2000). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistiyarini, D. & Sabirin, F. (2018). Analisis perancangan sistem informasi administrasi program studi (siap) pendidikan teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 2 (1), 22-29.

Sukardjo. (2005). Evaluasi Pembelajaran. Diklat Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana UNY Program

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Simanjuntak, P. (2020). Pengembangan model e-learning berbasis web pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.1568