Pengembangan model e-learning berbasis web pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.1568Keywords:
Pengembangan, Model E-learning, Web, TIKAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aksesbilitas pengguna e-learning, aktivitas pembelajaran e-learning, dan efektivitas model e-learning berbasis web pada pelajaran TIK. Penelitian ini menerapkan model e-learning menggunakan teknologi di kelas maupun diluar kelas yang berbasis web di SMP Abdi Agape Pontianak. Penelitian ini merupakan R &D model pengembangan ASSURE. Uji coba produk dilakukan dengan dua tahap yaitu: validasi ahli media dan uji coba pada pengguna (siswa). Instrumen penelitian menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data untuk validasi ahli media dan uji coba pengguna menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesbilitas pengguna, aktivitas pembelajaran e-learning, serta efektivitas pembelajaran membuat siswa lebih fleksibel melakukan pembelajaran dimana saja dan kapan saja. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli media dengan skor 4,30 kategori sangat baik dan aksesbilitas pengguna dengan skor 4,32 kategori sangat baik, aktivitas pembelajaran e-learningdengan skor 4,23 kategori sangat baik, serta efektivitas pembelajaran dengan skor 4,35 kategori sangat baik. Model e-learning berbasis web sangat membantu dalam aktivitas pembelajaran dan guru untuk menyelesaikan tugas.
Downloads
References
Borg, W.R., & Gall,M.D. (2003). Educational Research: An introduction (edisi ke-8). New York: Longman.
Dick, Walter & Carey, Lou. (1977). The Systematic design of Intrustion. Boston: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.
Dimyati, M. (2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadli, F. (2014). Model pembelajaran jejaring sosial pada pelajaran matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(2), 90-96.
Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.
Khaerunnisa. (2014). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan siswa memanfaatkan tik terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16 (1), 24-35.
Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar proses belajar. Bandung: Sinar Baru.
Pribadi, Benny. (2010). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Harjanto. (2000). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistiyarini, D. & Sabirin, F. (2018). Analisis perancangan sistem informasi administrasi program studi (siap) pendidikan teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 2 (1), 22-29.
Sukardjo. (2005). Evaluasi Pembelajaran. Diklat Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana UNY Program
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.