Pengembangan bahan ajar multimedia offline pada materi IPA Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Ranoyapo

Authors

  • Meidy Atina Kuron Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon
  • Mita Tompodung Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.1760

Keywords:

Bahan Ajar, Multimedia, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis multimedia offline pada materi IPA terpadu di SMP Negeri 2 Ranoyapo Desa Poopo. Penelitian ini juga secara umum memperbaiki proses pembelajaran yang sebelumnya diterapkan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Developtment method (R&D) dengan 7 langkah pengembangan yang diadaptasi dari Brog and Gall. Langkah – langkah pengembangan bahan ajar antara lain: 1) perencanaan, 2) studi eksplorasi, 3) pengembangan bentuk produk, 4) validasi, 5) pengumpulan dan analisis data, 6) revisi produk, dan 7) desiminasi. Pengembangan bahan ajar ini telah melalui uji pakar yang disebut ahli media dan ahli materi yang selanjutnya dianalisis menggunakan instrument dengan indikator dari segi pengembangan dan isi materi kemudian diujicobakan kepada kelas VIII SMP Negeri 2 Ranoyapo. Materi yang dikemas dalam bahan ajar multimedia offline ini yaitu IPA terpadu topik gerak lurus. Produk Bahan Ajar multimedia Offline ini telah divalidasi oleh ahli media dengan persentase kelayakan capaian 81% dan ahli materi dengan persentase kelayakan capaian 80 % dan berada pada kategori sangat kuat, serta hasil tanggapan siswa kelas VIII SMP SMP Negeri 2 Ranoyapo tentang produk sangat positif dengan persentase capaian 90% kategori sangat kuat serta hasil skor pretest 45,90 dan posttest 71,36 yang menunjukkan kenaikan pada pembelajaran siswa. Demikian produk bahan ajar multimedia offline ini dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Meidy Atina Kuron, Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon

Teknik Informatika

Mita Tompodung, Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon

Teknik Informatika

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Ed. rev. 2010, cet.14, Rineka Cipta: Jakarta.

Borg & Gall. (2003). Education Research. New York: Allyn and Bacon.

Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Sari, H. L., & Negara, E. K. (2011). Media Pembelajaran Kimia Terpadu Pada Madarasah Tsanawiyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu. Jurnal Media Infotama, 7(2).

Lawson, A. E. (1978). The development and validation of a classroom test of formal reasoning. Journal of Research in Science Teaching, 15(1), 11-24.

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas ix. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102.

Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222-235.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).

Santoso, Singgih. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setiawan, E., & Rizki, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Barisan Dan Deret Matematika Berbasis Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 465-472.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Prenada.

Suryadi, S. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. INFORMATIKA, 3(3), 9-19.

Suyanto. (2015). Metodologi Penelitian Cross Sectional. Bossscript: Klaten.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Kuron, M. A., & Tompodung, M. (2020). Pengembangan bahan ajar multimedia offline pada materi IPA Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Ranoyapo. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 121–131. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.1760