Pengembangan bahan ajar multimedia offline pada materi IPA Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Ranoyapo
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.1760Keywords:
Bahan Ajar, Multimedia, PengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis multimedia offline pada materi IPA terpadu di SMP Negeri 2 Ranoyapo Desa Poopo. Penelitian ini juga secara umum memperbaiki proses pembelajaran yang sebelumnya diterapkan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Developtment method (R&D) dengan 7 langkah pengembangan yang diadaptasi dari Brog and Gall. Langkah – langkah pengembangan bahan ajar antara lain: 1) perencanaan, 2) studi eksplorasi, 3) pengembangan bentuk produk, 4) validasi, 5) pengumpulan dan analisis data, 6) revisi produk, dan 7) desiminasi. Pengembangan bahan ajar ini telah melalui uji pakar yang disebut ahli media dan ahli materi yang selanjutnya dianalisis menggunakan instrument dengan indikator dari segi pengembangan dan isi materi kemudian diujicobakan kepada kelas VIII SMP Negeri 2 Ranoyapo. Materi yang dikemas dalam bahan ajar multimedia offline ini yaitu IPA terpadu topik gerak lurus. Produk Bahan Ajar multimedia Offline ini telah divalidasi oleh ahli media dengan persentase kelayakan capaian 81% dan ahli materi dengan persentase kelayakan capaian 80 % dan berada pada kategori sangat kuat, serta hasil tanggapan siswa kelas VIII SMP SMP Negeri 2 Ranoyapo tentang produk sangat positif dengan persentase capaian 90% kategori sangat kuat serta hasil skor pretest 45,90 dan posttest 71,36 yang menunjukkan kenaikan pada pembelajaran siswa. Demikian produk bahan ajar multimedia offline ini dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Ed. rev. 2010, cet.14, Rineka Cipta: Jakarta.
Borg & Gall. (2003). Education Research. New York: Allyn and Bacon.
Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
Sari, H. L., & Negara, E. K. (2011). Media Pembelajaran Kimia Terpadu Pada Madarasah Tsanawiyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu. Jurnal Media Infotama, 7(2).
Lawson, A. E. (1978). The development and validation of a classroom test of formal reasoning. Journal of Research in Science Teaching, 15(1), 11-24.
Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas ix. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102.
Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222-235.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).
Santoso, Singgih. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Setiawan, E., & Rizki, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Barisan Dan Deret Matematika Berbasis Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 465-472.
Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Prenada.
Suryadi, S. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. INFORMATIKA, 3(3), 9-19.
Suyanto. (2015). Metodologi Penelitian Cross Sectional. Bossscript: Klaten.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.