PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SUB POKOK BAHASAN PESTISIDA DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 KETAPANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v3i1.204Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Ketapang pada sub pokok bahasan pestisida yang diberikan pembelajaran model konvensional dan yang diberikan pembelajaran model STM, serta respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model STM pada sub pokok bahasan pestisida. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian Control-Group Pre-Test-
Post-Test Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Ketapang yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIIC dan VIIID. Pengambilan sampel dilihat dari hasil pretes kedua kelas, ternyata siswa memiliki kemampuan awal yang sama pada materi pestisida, sehingga untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cabut undi, didapatlah kelas kontrol adalah kelas VIII C yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional dan kelas eksperimen adalah kelas VIII D yang diberi pembelajaran dengan model STM. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk hasil belajar dan non tes berupa angket untuk respon siswa. Hipotesis diuji menggunakan uji ststistik U-Mann Whitney dengan taraf signifikan α = 5% dan diperoleh Zhitung < Ztabel (-5,22 < 1,96) terletak pada daerah penolakan Ho, maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model STM dan yang diajar dengan metode konvensional pada sub pokok bahasan pestisida di kelas VIII SMP Negeri 8 Ketapang. Berdasarkan angket respon siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model STM diperoleh hasil bahwa terdapat respon positif siswa yang diajarkan dengan model STM.Â
Kata Kunci: Sains Teknologi Masyarakat, hasil belajar, pestisida
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.