PENGARUH WAKTU PERKULIAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PGRI PONTIANAK PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN

Authors

  • Marhadi Saputro, Yadi Ardiawan, Jamilah

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v3i1.206

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh waktu perkuliahan terhadap hasil belajar mahasiswa semester II STKIP PGRI Pontianak pada mata kuliah Teori Bilangan ditinjau dari jenis kelamin. Sesuai dengan tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah eksperimental semu (quasi experimental research) dan rancangan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah rancangan faktorial 2 x 2. Adapun hasil penelitian pada mata kuliah Teori Bilangan dapat disimpulkansebagai berikut. (1)Mahasiswa kelas pagi memiliki hasil belajar yang sama dengan mahasiswa kelas sore.(2)Mahasiswa laki-laki memiliki hasil belajar yang sama dengan mahasiswa perempuan.(3)Khusus pada mahasiswa perempuan, mahasiswa kelas pagi memiliki hasil belajar yang sama dengan mahasiswa kelas sore.(4)Khusus pada mahasiswa laki-laki, mahasiswa kelas pagi memiliki hasil belajar yang sama dengan mahasiswa kelas sore.(5)Khusus pada mahasiswa kelas pagi, mahasiswa laki-laki memiliki hasil belajar yang sama dengan mahasiswa perempuan.(6)Khusus pada mahasiswa kelas sore, mahasiswa laki-laki memiliki hasil belajar yang
sama dengan mahasiswa perempuan.

Kata Kunci: Waktu perkuliahan, jenis kelamin, teori bilangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marhadi Saputro, Yadi Ardiawan, Jamilah

Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No. 88 Pontianak

Downloads

Published

2016-08-10

How to Cite

Jamilah, M. S. Y. A. (2016). PENGARUH WAKTU PERKULIAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PGRI PONTIANAK PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.31571/saintek.v3i1.206