PEMBELAJARAN TEOREMA PHYTHAGORAS MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

Authors

  • Muchtadi, Noni Widiani

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v3i1.207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa dengan kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah dalam materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Meliau. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII dengan sampel satu kelas yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling.
Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan kemampuan awal matematis tinggi sama baiknya siswa dengan kemampuan awal matematis sedang, dan lebih baik daripada siswa dengan kemampuan awal matematis rendah. Sedangkan siswa dengan kemampuan awal matematis sedang memiliki peningkatan hasil belajar lebih baik daripada siswa dengan kemampuan awal matematis rendah. 

Kata kunci: Pembelajaran teorema Pythagoras, software Geogebra, kemampuan awal
matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muchtadi, Noni Widiani

Program Studi Pendidikan MatematikaIKIP-PGRI Pontianak, Jl. Ampera No. 88 Pontianak

Downloads

Published

2016-08-10

How to Cite

Noni Widiani, M. (2016). PEMBELAJARAN TEOREMA PHYTHAGORAS MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 3(1), 72–82. https://doi.org/10.31571/saintek.v3i1.207