MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA STKIP PGRI PONTIANAK PADA MATERI LISTRIK STATIS

Authors

  • Eti Sukadi, Ira Nofita Sari

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v2i2.220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP PGRI Pontianak pada materi listrik statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif yang berbentuk survey, dengan alat pengumpul data berbentuk essay. Sebanyak 145 orang mahasiswa dari kelas A, B pagi dan A sore semester II berpartisipasi. Sebanyak 36% mahasiswa miskonsepsi dalam memahami bentuk atom, sebanyak 44% mahasiswa miskonsepsi dalam memahami muatan listrik dalam atom dan benda dimuati listrik. Sebanyak 67% mahasiswa miskonsepsi dalam menentukan sifat muatan listrik. Dan sebanyak 68% siswa miskonsepsi dalam memahami hukum coulomb. Diharapkan temuan ini dpat membantu dosen untuk mengubah konsepsi mahasiswa yang tidak sesuai dengan konsepsi ilmuan menjadi sesauai dengan konsepsi ilmuan.


Kata Kunci: Miskonsepsi, listrik statis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eti Sukadi, Ira Nofita Sari

Program Studi Pendidikan Fisika STKIP PGRI Pontianak, Jln. Ampera No. 88 Pontianak

Downloads

Published

2016-08-11

How to Cite

Ira Nofita Sari, E. S. (2016). MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA STKIP PGRI PONTIANAK PADA MATERI LISTRIK STATIS. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.31571/saintek.v2i2.220