PERILAKU METAKOGNISI BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN DALAM PEMECAHAN MASALAH POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS X SMA

Authors

  • Nurmaningsih Nurmaningsih

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v2i2.225

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perilaku metakognisi siswa kelas X SMA yang berada pada tingkat kemampuan atas, menengah, dan bawah dalam pemecahan masalah pola bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang bersifat survey-deskriptif dengan siswa kelas XB SMA Negeri 2 Pontianak sebagai partisipannya yang dibagi ke dalam tiga kelompok tingkat kemampuan yaitu atas, menengah dan bawah. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) pada tingkat kemampuan atas, perilaku metakognisi siswa dalam pemecahan masalah pola bilangan termasuk kriteria aktivitas cukup (57,14%) (2) pada tingkat kemampuan menengah, perilaku metakognisi siswa dalam pemecahan masalah pola bilangan termasuk kriteria aktivitas cukup (64,28%) dan (3) pada tingkat kemampuan bawah, perilaku metakognisi siswa dalam pemecahan masalah pola bilangan termasuk kriteria aktivitas tinggi (78,60%).


Kata Kunci: perilaku metakognisi, pemecahan masalah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurmaningsih Nurmaningsih

Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP-PGRI Pontianak, Jalan Ampera No. 88 Pontianak

Downloads

Published

2016-08-11

How to Cite

Nurmaningsih, N. (2016). PERILAKU METAKOGNISI BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN DALAM PEMECAHAN MASALAH POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS X SMA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 148–156. https://doi.org/10.31571/saintek.v2i2.225