Analisis kemampuan kognitif ditinjau dari gaya belajar siswa pada pelajaran IPA

Authors

  • Nurussaniah Nurussaniah Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak
  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2270

Keywords:

kemampuan kognitif, gaya belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs. Darunna’im kelas IX Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan komunikasi tidak langsung. Alat yang digunakan untuk memperoleh kemampuan kognitif menggunakan tes, sedangkan gaya belajar diperoleh melalui angket. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan secara deskriptif. Data berupa skor dikategorikan menggunakan skala likert, kemudian dianalisis berdasarkan indikator, dan disimpulkan berdasarkan tingkatan kemampuan kognitif yang dimiliki siswa ditinjau dari gaya belajar. Berdasarkan hasil analissi data, maka dapat disimpulkan bahwa 1) kemampuan kognitif siswa di MTs. Darunna’im Pontianak digolongkan menjadi kemampaun kognitif tinggi dan kemampuan kognitif rendah, 2) gaya belajar siswa di MTs. Darunna’im Pontianak yaitu gaya visual, kinestetik, auditorial, visual auditorial, dan auditorial kinestetik, 3) siswa dengan kemampuan kognitif tinggi memiliki gaya visual, kinestetik, auditorial, visual auditorial, dan auditorial kinestetik, dan 4) siswa dengan kemampuan kognitif rendah memilki gaya belajar visual, kinestetik, auditorial, dan visual auditorial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurussaniah Nurussaniah, Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak

References

Agustina, T.M.S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learing dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Hidrologi. Jurnal Educatio, 10 (1): 101-117.

Chania, Y., Havis, M., & Sasmita, D. 2016. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek, 8 (1): 77-84.

Hosnan, M. 2016. Pendidikan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Nurmayani, Syuaib, M.Z., & Ardhuha. 2016. Pengaruh Gaya Belajar VAK pada Penerapan Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 2 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (1): 13-21.

Permendiknas, R. I. (2013). No. 41. 2007. Standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Sahimin, Nasution, W.N., & Sahputra, E. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Beljar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP Negeri Kabanjahe Kabupaten Karo. Edu Religia, 1 (2): 152-164.

Uno, H. B. (2006). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijayanti, R. B. (2019). Pengaruh gaya belajar dan efikasi diri siswa terhadap hasil belajar ips kelas iv sd mijen kota semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Nurussaniah, N., & Sari, I. N. (2020). Analisis kemampuan kognitif ditinjau dari gaya belajar siswa pada pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 159–165. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2270